SABTU , 15 DESEMBER 2018

Dua Ribu Ekor Sapi di Sinjai Sudah Ikut Program GBIB

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 06 September 2015 13:37

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Dalam upaya meningkatkan produksi sapi di wilayah Sinjai, Pemerintah Daerah Sinjai terus menggalakkan program Gerak Birahi dan Inseminasi Buatan (GBIB) terhadap sapi-sapi ternak. Hingga saat ini, program yang dijalankan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai, sudah melakukan GBIB terhadap 2.000 ekor lebih ternak sapi milik warga di beberapa kecamatan.

Hal ini di sampaikan Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Irwan Suaib, Minggu (06/9). Menurutnya, jumlah 2000 ekor sapi yang telah diinseminasi buatan tersebut adalah angka sementara, karena program masih berjalan. “Itu baru angka sementara dan kemungkinan masih bertambah, karena saat ini petugas kami masih jalan di Kecamatan Sinjai Selatan, Kecamatan Sinjai Timur dan Borong untuk,” jelas Irwan Suaib.

Dia juga mengatakan bahwa program GBIB merupakan program gratis bagi warga pemilik ternak sapi, dan telah berjalan selama satu bulan. “Program ini tidak dibayar. Masyarakat tinggal membawa sapi mereka untuk diperiksa, apakah tidak hamil atau tidak. Jika tidak, maka diberi hormon perangsang, dan selanjutnya akan dilakukan inseminasi,” pungkasnya.

Irwan Suaib meminta masyarakat agar tidak perlu khawatir, karena program GBIB tidak membahayakan ternak sapi milik warga. Untuk pelaksanaan program GBIB tersebut, kata Irwan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai memiliki empat dokter hewan yang siap memberikan pelayanan.

“Warga tidak perlu takut dengan keselamatan hewan ternak mereka, karena petugas kami terlebih dahulu melihat dan memeriksa bagaimana kondisi sapi tersebut. Jika sapi ternak berukuran kecil, maka diberikan inseminasi bibit sapi australia. Sedangkan jika sapi warga berukuran besar, kita berikan bibit limosin atau simental. Kalaupun warga butuh sesar, kami di sini punya 4 Dokter Hewan,” tandas Irwan Suaib.


Tag
  • bibit sapi
  •  
    div>