SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Dua Syarat Pemkot Raih Adipura Kencana

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Senin , 12 Februari 2018 14:45
Dua Syarat Pemkot Raih Adipura Kencana

Ilustrasi Kantor Balaikota Makassar. foto: net

* Taman Hayati dan TPA Sanitary Landfill

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tengah fokus pembenahan dua tempat yang menjadi persyaratan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam meraih Piala Adipura Kencana tahun 2018.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Azis Hasan mengatakan, ada ada dua hal pertimbangan yang harus dipenuhi. Pertama kota tersebut harus memiliki tiga taman hayati. Kedua yakni Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah tidak lagi Open Dumping atau sistem pembuangan sederhana tanpa tindak lanjut, melainkan dengan Sanitary Landfill atau metode sampah diurug dan dibuang secara sistematis.

“Kedua hal ini kami sementara benahi utamanya taman hayati, sebenarnya sudah ada sejak dulu, hanya saja taman hayati ini belum ada yang merupakan milik sendiri (pemkot) dan taman hayati ini milik masyarakat dan ini kita mau komunikasi kembali dengan masyarakat, dan sudah ada beberapa sudah kami tinjau, dan masih ada bisa dikerjasamakan dengan pemiliknya itu,” ungkap Azis Hasan, Minggu (11/2) kemarin.

Letak taman hayati yang menjadi persyaratan yakni salah satunya ada di wilayah Maccini Sombala dan kedua ada di Wilayah Panakukkang.

Sementara, pada pertimbangan yang kedua yakni TPA yang tidak menggunakan sistem open dumping kata Azis menemui kendala karena sekarang memasukimusim penghujan.

“Kalau kita menutup dengan sistem Sanitary Landfill saat ini sama saja kita mengerjakan pekerjaan yang sia-sia, karena kita tutup saat ini sebentar lagi hujan dan ini persoalan,” pungkasnya.

Ia hanya berharap penilaian nanti tidak pada waktu curah hujan yang tinggi, sehingga apa yang kita lakukan di TPA dengan open dumping bisa nampak.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengumpulkan seluruh OPD dan tenaga kebersihan Kota Makassar, di ruang rapat Sipakatau, Balaikota beberapa waktu lalu.

Danny mengumpulkan OPD dan tenaga kebersihanya itu untuk membahas upaya Pemkot Makassar dalam meraih Adipura Kencana tahun 2018.

Danny mengatakan, setelah tiga kali berturut-turut mendapatkan Adipura, tahun ini kota Makassar harus mampu meraih Adipura Kencana.

“Saya kumpulkan semua yang terkait, tahun ini sangat menentukan karena kita ingin meraih Adipura Kencana. Selain itu, tahun ini kita juga targetkan meraih Adiwiyata,” kata Danny.

Danny mengatakan, banyak hal yang perlu dipersiapkan Pemkot Makassar dalam upaya mencapai Adipura Kencana, salah satu yang pasti yaitu kebersihan kota harus lebih meningkat. Selain itu, memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan pengelolaan sampah juga tak lepas dari perhatian Pemkot Makassar. (*)


div>