RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Dua Tahun Blangko Kosong, Akhirnya Warga Bisa Miliki e-KTP

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 26 April 2017 14:16
Dua Tahun Blangko Kosong, Akhirnya Warga Bisa Miliki e-KTP

Ilustrasi.

RAKYATSULSEL.COM – Dua tahun mengalami kekosongan blangko KTP elektronik (e-KTP), akhirnya warga Kota Pekanbaru bisa mengantongi kartu identitas tersebut. Kepastian itu setelah Pemko Pekanbaru mendapat tambahan 10 ribu blangko e-KTP.

Kendati belum mencukupi, namun 10 ribu blanko itu bisa mengurangi antrean warga yang hingga kini belum mengantongi e-KTP. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru Baharuddin mengatakan, untuk Pekanbaru kekurangan blanko e-KTP mencapai 40 ribu.

Kata Baharuddin, lekosongan blangko ini terjadi sejak dua tahun terakhir. Sehingga pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk  mendapatkan tambahan kuota tersebut. “kekurangan terus kami tunggu karena memang bertahap,” ujar Baharuddin seperti dilansir Riau Pos (Jawa Pos Group), Rabu (26/4).

Baharuddin mengatakan blanko yang terbatas itu tentunya diperuntukan bagi warga yang sudah lebih dulu melakukan perekaman. Dalam kondisi ini maka akan dilakukan kebijakan perioritas, yaitu warga yang sudah terdata dan melakukan perekaman sejak setahun terakhir yang bakal mendapatkan.

“Jadi yang sudah lama saja merekam didahulukan karena ini kan terbatas. Jika ada tambahan blanko lagi baru selanjutnya warga yang baru melakukan perekaman,” kata Baharuddin.

Kepada warga  yang belum mendapatkan e-KTP , dia meminta untuk  tidak gelisah. Karena surat keterangan (suket) berfungsi sama dengan KTP el. Sehingga warga akan bisa bersabar saat belum punya KTP el.


div>