SELASA , 23 OKTOBER 2018

Dua Unit Ambulance Tambahan di Carester Ujung Tanah

Reporter:

Armansyah

Editor:

Iskanto

Senin , 24 September 2018 11:00
Dua Unit Ambulance Tambahan di Carester Ujung Tanah

ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Posko terpadu Care and Rescue Center (Carester) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar yang terletak di Kecamatan Ujung Tanah, dalam waktu dekat ini bakal mendapatkan tambahan dua unit mobil ambulance dan tiga unit mobil jenazah.

Kepala BPBD Kota Makassar, Muhammad Rusli, mengatakan, kelima unit mobil tersebut sudah ada dan terparkir di halaman Balaikota, hanya tinggal menunggu arahan Wali Kota Makassar Muhammad Ramdhan Danny Pomanto perihal waktu penyerahannya.

“Rencanannya ini (mobil) mau disimpan di Ujung Tanah, rencana yang saya dengar dari bapak (Danny). Tapi belum secara resmi (penyerahan), tunggu petunjuk Pak Wali (Wali Kota),” kata Rusli, Minggu (23/9).

Saat ini pemerintah baru memiliki tiga posko Carester, yaitu di Kecamatan Ujung Tanah, Manggala, dan Tamalanrea. Hanya saja, kelima unit mobil itu bakal ditempatkan di Ujung Tanah lantaran posko tersebut bakal dijadikan sebagai Carester pusat.

“Ujung Tanah ada satu unit mobil ambulance, rencananya semuanya kita simpan di sana (Ujung Tanah) karena bapak (Pak Wali) mau pusatkan di situ, tapi belum ada konfirmasi lebih lanjut,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bagian Perlengkapan Sekretariat Kota Makassar, Husni Mubarak, mengatakan, tiga unit mobil jenazah dan dua unit mobil ambulance yang terparkir di Balaikota merupakan program pengadaan di tahun 2018, dan bakal ditempatkan di Carester di Kecamatan Ujung Tanah.

“Itu pengadaan 2018, tiga unit mobil jenazah dan dua unit mobil ambulance. Ini rencananya kita mau simpan di Carester yang di Ujung Tanah,” ucapnya.

Lima unit mobil ini dibeli melalui e-katalog. Harganya berkisar Rp570 juta per unit untuk ambulance dan Rp518 juta untuk mobil jenazah.
Sebagai informasi, saat ini Carester yang berada di Makassar baru tiga unit, yakni di Kecamatan Manggala, Ujung Tanah dan Tamalanrea. Rencananya, tahun ini ada penambahan tiga Carester lagi di Maccini Sombala, Biringkanaya, dan Mariso, namun gagal lantaran tak ada lahan.
Ketiga Posko saat ini diharapkan bisa menjangkau dengan cepat jika sewaktu-waktu terjadi bencana, sehingga dibutuhkan penanganan yang cepat.

Saat ini, tiga posko terpadu telah beroperasi selama 24 jam dengan tim terpadu dari BPBD, Dinas Kebakaran, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan kepolisian. (*)


div>