SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Dubes Taiwan Bakal Kunjungi Pulau Samalona

Reporter:

Editor:

Lukman

Rabu , 06 September 2017 18:50
Dubes Taiwan Bakal Kunjungi Pulau Samalona

Walikota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto (Foto: ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Rombongan Kedutaan Besar Taiwan yang berkunjung ke Kota Makassar untuk menghadiri acara F8 dijadwalkan akan mengunjungi Pulau Samalona.

Kunjungan ke Pulau Samalona tersebut merujuk pada nota kesepahaman (MoU) yang dibicarakan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto di Rujab Wali Kota Makassar, Rabu (6/9).

“Jadi pihak Taiwan ini mau meninjau Pulau Samalona besok karena kita saat ini sedang mau mengikat perjanjian dibidang kemaritiman, semoga bisa terwujud di Kota Makassar,” ucap Danny.

Ia menjelaskan kerjasama tersebut merujuk pada banyaknya kesamaan antara Kota Kaohsiung, Taiwan dengan Kota Makassar diman Kota Kaohsiung sendiri merupakan kota yang mempunyai bandara terbesar kedua di Taiwan, yaitu Bandara Internasional Kaohsiung dan pelabuhan laut terbesar di Taiwan yaitu Pelabuhan Kaohsiung.

“Kota Kaohsiung ini dikenal memiliki Dermaga terbaik di Dunia dan penghasil kapal pesiar terbaik juga di Dunia. Kota Makassar juga ada banyak kesamaan dengan kota itu makanya pihak menawarkan untuk pembangunan dermaga agar nanti kapal pesiar sudah bisa sandar di Kota Makassar,” beber Danny

Kesepakatan tersebut telah diputuskan melalui perbincangan dengan perwakilan Kedutaan Besar Taiwan yang diwakili oleh Mr. Jhon C. Chen beserta rombongan.

Lebih lanjutnya penandatanganan akan menunggu persetujuan pihak Kementrian luar negeri.

“Ini namanya capital invesment artinya mereka agensi Pemerintah dalam bentuk company. Agensi tersebut akan langsung meninjau dan melakukan pembangunan di Kota Makassar. Tergantung permintaan kita,” ungkap Danny

Sementara itu, Kedutaan Besar Taiwan yang diwakili oleh Mr. Jhon C. Chen menambahkan pihaknya memilih Makassar untuk berinvestasi dikarenakan Makassar memiliki Potensial yang sangat baik.

“Apalagi Makassar pintu gerbang Indonesia Bagian Timur yang saat ini sedang pesat kemajuannya,” ujarnya. (Armansyah)


div>