• Jumat, 31 Oktober 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Duh.. Dukungan Perseorang Lebihi Jumlah DPT, Kok Bisa?

Senin , 13 Mei 2013 14:56
Total Pembaca : 242 Views

Baca juga

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Jumlah dukungan salah satu Calon wali kota Makassar dari jalur independen yang disetor ke KPU Makassar melebihi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kelurahan Raddong, Kecamatan Bontoala. Petugas PPK Bontoala pun patut mencurigai jika terjadi dukungan ganda.

Najmiah, petugas PPK Kecamatan Bontoala, menyebutkan akumulasi dukungan pasangan calon yang melalui jalur independen lebih besar dibanding jumlah DPT. “Jumlah total dukungan pasangan calon itu ada 6.000, padahal jumlah DPT yang ada hanya 3.000 orang. Kalau begini sudah pasti ada yang ganda. Tinggal dilihat apakah gandanya itu di dalam berkas dukungan satu orang, atau beririsan dengan berkas dukungan pasangan lain,” terangnya, Senin (13/5).

Untuk itu, menurut Najmiah, KPU telah memerintahkan mereka untuk melakukan verifikasi door to door di lapangan. “Ini akan di verifikasi faktual, jadi kita konfirmasi ke warga ini, apakah dia mau mendukung salah satu atau mencoret semua dukungan di pasangan calon,” jelasnya.

Sementara itu, mengenai berkas dukungan pasangan calon, menurut Najmiah berkurang lebih dari setengahnya. “Kalau dilihat secara kasar, semua pasangan sepertinya kehilangan lebih dari setengah dukungannya. Cuma kita belum bisa pastikan, karena pleno PPS baru berlangsung hari ini,” pungkasnya.


Penulis: Awaluddin Jamal
Editor: Azis Kuba