KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Dukung Usaha Hotel, Dinas Pariwisata Makassar Gelar Pelatihan Sertifikasi

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

Muhammad Alief

Kamis , 26 Juli 2018 21:55
Dukung Usaha Hotel, Dinas Pariwisata Makassar Gelar Pelatihan Sertifikasi

Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar, Rusmayani Madjid, menyerahkan sertifikasi usaha pariwisata kepada pelaku usaha di Kota Makassar

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Dalam rangka meningkatkan pengembangan usaha dan pelayanan kepariwisataan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mewajibkan pelaku usaha pariwisata di bidang hotel untuk kantongi setifikasi.

Untuk mendukung usaha perhotelan, Dispar Makassar melakukan sosialiasi dan pelatihan pengembangan sertifikasi usaha pariwisata tahun 2018, di Hotel Gammara Makassar, Kamis (26/7/2018).

Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar, Rusmayani Madjid mengatakan, melalui sertifikasi usaha pariwisata pelaku usaha dapat memberikan jaminan kualitas pelayanan terhadap konsumen atau wisatawan.

Menurutnya, peningkatan kualitas sistem manajemen serta mengajukan sertifikasi usaha pariwisata bagaimanapun sertifikasi usaha pariwisata sangat diperlukan.

“Tujuanya untuk mendukung penyediaan kualitas produk dan pelayanan serta pengembangan industri pariwisata, khususnya pengembangan kepariwisataan nasional pada umumnya dalam,” ujanya saat memberikan sambutan.

Dia menjelaskan, aturan ini diatur dalam peraturan pemerintah nomor 52 tahun 2012 tentang pelaksanaan pengadaan sertifikasi usaha pariwisata yang dijabarkan melalui pelatihan ISO 9001 tahun

Lanjut dia, sertifikasi sistem manajemen ini diharapkan dapat udah pelaksanaan sertifikasi usaha pariwisata di Kota Makassar yang penting yang membutuhkan dukungan semua pihak.

“Harapan bagaimana hotel-hotel meningkatkan dari sistem pelayanan dari segala sisi di hotel itu. Peran office ada Resto seafood yang ada bagian yang membersihkan kamar dan sebagainya itu yang harus kita memberikan sertifikasi kepada mereka sehingga pelayanan Hotel semaksimal,” katanya.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Disparekraf Makassar, Andi Karunrung mengatakan, kegiatan sertifikasi usaha pariwisata diharapkan menjadi pemicu bagi para industri pariwisata khususnya hotel untuk dapat untuk segerah mengaplikasikanya di tempat masing-masing.

“Dalam rangka peningkatan kualitas mutu dan sistem manajemen menuju sertifikasi usaha pariwisata,” harap dia.

Menurutnya, pelaksanaan pengembangan sertifikasi usaha pariwisata yang dijabarkan melaui pelatihan.

Selain itu, pengembangan sertifikasi usaha pariwisata jadi fokus pada pelatihan ISO. pertama itu ISO 9001 tahun 2015 tentang sistem kualitas manajemen kemudian ada ISO 17021 tentang satu jenis usaha dan ISO 19001 tahun 2018 tentang sistem petunjuk audit.

“Hadir di kegiatan ini, Manejer/GM 50 orang, owner juga sekitar 40 orang. Diharapkan nantinya para peserta mampu mengaplikasikan standar ini,” ungkapnya.(*)


div>