SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Dukungan Rakyat Makin Tak Terbendung

Reporter:

Iskanto - Suryadi

Editor:

asharabdullah

Jumat , 15 Desember 2017 11:17
Dukungan Rakyat Makin Tak Terbendung

Dok. RakyatSulsel

– Datangi Rumah Kita, Support IYL – Cakka

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dukungan rakyat untuk kandidat independen Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL – Cakka) makin tak terbendung. Merek berbondong-bondong menyerahkan dukungan dalam bentuk fotokopi KTP, setelah pasangan ini diserang fitnah bertubi-tubi.

Simpati rakyat kepada IYL – Cakka kini semakin terasa. Di saat ada upaya sistematis melakukan pembegalan demokrasi, dukungan rakyat tak ada hentinya. Kendati tahapan verifikasi faktual sudah berjalan, namun sejumlah warga di kabupaten/kota yang baru mengetahui IYL -Cakka maju lewat jalur perseorangan, tak mau ketinggalan menyerahkan KTP dukungannya. Mereka bahkan mengisi form pernyataan mendukung.

Di Palopo misalnya. Puluhan warga secara tiba-tiba mendatangi posko pemenangan IYL – Cakka “Rumah Kita” Palopo. Mereka datang menyerahkan fotokopi identitasnya, sekaligus mengisi formulir pernyataan dukungan.

“Bismillah, kami serahkan KTP dukungan ke IYL – Cakka sebagai sikap kami untuk bersama pasangan ini di Pilgub Sulsel,” tegas Rahman, warga Kelurahan Mawa, Kecamatan Mungkajang.

Saat menyerahkan KTP dukungan warga secara simbolis ke staf Rumah Kita, Rahman didampingi sejumlah warga. Mereka berkomitmen untuk ikut memenangkan IYL – Cakka.

Warga lainnya, Sabri, juga mengaku jika KTPnya selama ini belum pernah dimasukkan di berkas dukungan IYL – Cakka di KPU. Alasannya, ia baru mengetahui pasangan tersebut maju lewat independen.

“Andaikan saya tahu kalau beliau mau maju lewat independen, maka dari dulu saya bersama istri akan mendatangi timnya untuk memberi dukungan,” tambah Sabri.

Khusus di wilayah Luwu Raya, antusias warga menyerahkan KTP dukungannya ke IYL – Cakka, sudah terlihat selama beberapa hari terakhir, khususnya ketika baru mendengar duet Punggawa Macakka itu maju lewat indepeden. Mereka tidak mempermasalahkan jika KTP dukungannya tetap disetor Rumah Kita, terutama antisipasi jika para pembegal demokrasi terus berupaya menghambat IYL – Cakka maju di Pilgub Sulsel.

Aksi dukungan rakyat ke IYL – Cakka juga terlihat di beberapa daerah lainnya. Seperti di Bulukumba, Jeneponto, Makassar, Pangkep, Wajo, Bone, dan Takalar. Sesuai data yang dihimpun, selama tiga hari terakhir, warga yang menyerahkan KTP dukungannya kini sudah mencapai ribuan, lengkap dengan tanda-tangan pernyataan dukungan.

Warga di Kepulauan Pangkep, Walmas, bahkan jauh-jauh berlayar ke Makassar demi mendatangi posko pemenangan IYL – Cakka “Rumah Kita” di Jalan Hertasning, untuk mengisi pernyataan dukungan. “Apa saya masih bisa serahkan KTPku Nak? Saya baru tahu kalau Pak Ichsan maju lewat independen,” ucap Haji Jamal, tokoh masyarakat asal Pulau Kalmas.

Pria yang usianya menginjak 50 tahun ke atas ini mengaku, ia dan warga kepulauan sangat mengidolakan IYL maupun Cakka sejak dulu. Sehingga tanpa dimobilisasi, mereka siap memenangkan IYL – Cakka.

“Kalau pun tidak bisa dimasukkan lagi di berkas independen, dukungan KTP ini saya titip sebagai bentuk dukungan. Saya punya banyak nelayan, dan mereka siap mendukung IYL – Cakka,” kata Haji Jamal yang diterima staf Tim Rumah Kita.

Haji Jamal yang datang bersama dengan beberapa tokoh masyarakat kepulauan, mengaku tak banyak tahu soal politik. Tapi atas nama nurani, ia tergerak untuk selalu bersama IYL-Cakka.

Menanggapi hal tersebut, pakar politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad, menilai, dukungan yang mengalir kepada IYL – Cakka adalah bentuk kepercayaan masyarakat. Pasangan ini merupakan kandidat yang sangat diperhitungan kandidat lain, sehingga banyak cara dilakukan oleh oknum untuk mengagalkan melalui berbagai isu.

“Untuk menjawab isu yang berkembang, ikuti saja verifikasi faktual sehingga tak ada opini yang berkembang,” kata Firdaus.

Pakar politik dari Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arief Wicaksono, menilai, sangat wajar masyarakat terus memberikan dukungan KTP kepada IYL – Cakka, meski sudah melewati batas verifikasi administrasi.

“IYL-Cakka saya perhatikan sudah memperkirakan dari awal kecenderungan itu, bahwa jalur independen akan lebih memiliki efek kejut dan massif ketimbang melalui jalur parpol. Sehingga rakyat terus mendukung,” ujarnya.

Sementara, Juru Bicara IYL – Cakka, Henny Handayani mengatakan, dukungan masyarakat ke pasangan dengan tagline Punggawa Macakka ini adalah bukti bahwa masyarakat bukan hanya sekedar ingin menjadi pemilih saja. Namun juga ingin ikut berperan dalam langkah IYL – Cakka di Pilgub mendatang.

Sehingga, Henny berharap seluruh jajaran tim IYL – Cakka yang berada dibawah dapat bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku. Tidak terprovokasi dengan isu-isu yang dapat menimbulkan perpecahan.

“Alhamdulillah semua itu adalah berkah buat kami. Biarlah proses ini berjalan sesuai aturan yang ada. Kami berharap masyarakat dan relawan tidak terpancing dengan upaya-upaya provokatif yang coba dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” tuturnya.

Henny menjelaskan, tim IYL – Cakka yang tergabung di Rumah Kita ini telah dibekali dengan berbagai pemahaman. Sehingga, dapat bekerja sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku dan tidak merugikan tim pendukung kandidat lain.

“Kami sesuai aturan, jadi jika ada hal-hal yang saat ini bertabrakan dengan itu, tentu bukan bagian dari frame kami. Kami menjunjung semangat sportivitas dalam bertarung,” jelasnya.

“Mari bertarung secara santun dan beri pembelajaran politik yang mencerdaskan rakyat,” lanjut Henny.

Saat ditanya terkait jumlah keseluruhan dukungan yang baru diterima oleh IYL – Cakka pasca memasuki masa verifikasi faktual, Henny mengaku belum mengetahui persis berapa total yang telah diterima. “Kami belum tahu secara keseluruhan jumlahnya. Tapi ini masih terus berdatangan,” terang Henny

Dukungan yang baru diterima itupun akan dijadikan backup apabila terjadi persoalan di kemudian hari selang masa verifikasi faktual. “Pasti dijadikan back up jika akhirnya diperlukan,” paparnya.

Diketahui, sepupu Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, Andi Bahtiar, juga menyatakan dukungannya ke IYL – Cakka. Bahkan, ia sudah menyampaikan komitmennya itu di depan Andi Sukri.

“Beliau (Andi Sukri) sudah tanya sikap saya di pilgub. Dan saya sampaikan kalau saya di Punggawa,” tegas Karaeng Tiar, sapaan akrab Andi Bahtiar saat bersilaturahmi dengan IYL di Makassar beberapa waktu lalu.

Menurut dia, jauh sebelum ketemu IYL, dirinya sudah berkomitmen mendukung kandidat ini. Alasannya, karakter dan sikap yang ditunjukkan mantan Bupati Gowa dua periode itu selalu satu kata dengan perbuatan.

“Beliau orangnya komitmen dan tegas. Sama dengan Karaeng Sukri (Bupati Bulukumba). Tidak banyak pencitraan,” terangnya.

Selain itu, sebelum menemui IYL di kediaman pribadinya, ia memang sudah bergerak mensosialisasikan Punggawa Macakka, baik di Bulukumba maupun di Bantaeng.

“Saya sekarang memang banyak berdomisili di Bantaeng. Dan alhamdulillah, banyak warga di sana juga mendukung IYL-Cakka,” pungkasnya. (*)


div>