RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Eks Anggota KPU Palopo Melawan, Laporkan Bawaslu dan DKPP Ke Ombudsman

Reporter:

Muhammad Fahrullah

Editor:

Iskanto

Selasa , 28 Agustus 2018 19:14
Eks Anggota KPU Palopo Melawan, Laporkan Bawaslu dan DKPP Ke Ombudsman

Komisioner KPU Palopo tak terima dipecat.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM — Tiga mantan komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo, mengadukan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Palopo dan Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP) ke perwakilan Ombudsman Sulsel, Jalan Sultan Alauddin Makassar, Selasa (28/8/2018).

Ketiganya adalah eks Ketua KPU Palopo Haedar Djidar, dan mantan komisioner lainnya yakni Muhammad Amran Annas dan Faisal Mustafa. Mereka dipecat oleh DKPP karena dinilai lalai tidak menjalankan putusan Bawaslu saat Pilkada Palopo 2018.

Haedar Djidar mengatakan, keputusan pemecatan oleh DKPP dianggap tidak sesuai ketentuan. “Kita akan laporkan Panwaslu kota Palopo dan DKPP sebagai pihak terkait yang menetapkan pemberhentian yang merugikan kami,” lanjutnya.

Menurutnya, rekomendasi Bawaslu terkait pelanggaran administrasi di Pilkada Palopo, sudah disikapi pihaknya secara obyektif dan prosedural. Diantaranya dengan melakukan konsultasi berjenjang ke KPU Sulsel dan KPU RI, hingga konsultasi dengan Dirjen Otoda Kemnterian Dalam Negeri.

“Dirjen Otoda memiliki kompetensi menjelaskan mutasi bagi petahana,” katanya. (*)


div>