SENIN , 10 DESEMBER 2018

El Clasico: Enrique Pede, Zidane Merendah

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Sabtu , 03 Desember 2016 13:06
El Clasico: Enrique Pede, Zidane Merendah

Luis Enrique. foto: afp

BARCELONA – Misi superberat ada di pundak entrenador Barcelona, Luis Enrique.

Di jornada 14 La Liga, tim asuhannya harus melakoni duel melawan Real Madrid bertajuk El Clasico, Sabtu (3/12) malam (SCTV pukul 23.15 WITA). Enrique dituntut mampu mengembalikan kepercayaan publik terhadapnya.

Performa Barca sedang tidak stabil akhir-akhir ini. Blaugrana hanya menang dua kali dalam lima laga terakhir dan tiga kali ditahan imbang. Bahkan saat bertemu klub divisi tiga Hercules (30/11) pada leg pertama babak 32 besar Copa Del Rey, skuat cadangan Barca hanya mampu memetik satu poin.

”Hasil melawan Hercules tidak akan memengaruhi pertandingan nanti. Sekarang kami harus berkonsentrasi menghadapi pertandingan penting,” ujar Enrique sebagaimana dilansir Marca.

Di papan klasemen sementara, Lionel Messi dkk memang berada di peringkat kedua terpaut enam angka dengan rival abadi sekaligus pemuncak klasemen Real Madrid. Meski begitu, hasil buruk yang diterima Barca membuat Enrique dibanjiri kritik. Barca juga diragukan bakal menang pada laga nanti.

Namun, manajer 49 tahun itu tidak peduli dan meyakini bahwa El Clasico bakal tetap menyuguhkan duel yang menarik. ”Pada pertandingan yang spesial ini, melawan rival abadi kami di Camp Nou, sangat penting untuk menjaga emosi,” ujar Enrique sebagaimana dilansir dari situs klub. ”Kami harus bermain sangat bagus untuk mengalahkan tim sebaik mereka (Real),” imbuh dia.

Kepercayaan diri Barca bisa jadi meningkat. Pasalnya, sang kapten Andres Iniesta sudah mulai pulih dan kemungkinan besar bakal diterjunkan meski tidak bermain secara penuh. Laga ini memang tidak menjadi penentu juara La Liga. Tetapi, setidaknya dari tambahan tiga poin, Barca bisa memperpendek jarak dengan Real.

Di sisi lain, faktor tuan rumah juga menjadi tambahan motivasi Blaugrana untuk kembali ke performa terbaiknya. Meski Enrique tidak menampik bahwa Real masih dalam kondisi stabil dan Cristiano Ronaldo yang sedang on form di laga-laga terakhir.

[NEXT-RASUL]

”Real menyerang sangat cepat, dengan beberapa sentuhan, mereka juga sangat efektif dalam mencetak gol. Tentu, kami akan mencoba mengontrol bola dan menciptakan peluang,” ujar mantan manajer AS Roma itu.

Selain itu, Barca juga memiliki catatan tidak terkalahkan setiap Desember dalam 12 partai kandangnya di La Liga. Rangkaian positif Blaugrana saat tampil di kandang sendiri pada akhir tahun berawal dari pertandingan pertama mereka di Desember 2008, ketika menang telak 4-0 saat menjamu Valencia.

Namun, barisan pertahanan Barca kini sedang dalam masalah. Performa Pique diragukan karena sempat mengalami cedera ringan ketika melawan Real Sociedad (27/11). Sama halnya Jordi Alba, dan Samuel Umtiti. Sedangkan Jeremy Mathieu dipastikan absen karena dalam tahap pemulihan cedera betis.

Dari kubu lawan, Gareth Bale, Alvaro Morata, dan Toni Kroos absen lantaran cedera. Meski begitu, Real masih unggul lantaran masih menjaga rekor belum terkalahkan dalam 20 laga dari semua kompetisi musim ini. Klub berjuluk Los Merengues itu bahkan memetik lima kemenangan pada lima terakhir.

Hasil tersebut tentu menjadi modal penting dalam lawatan mereka ke Camp Nou nanti malam. Pasukan Zinedine Zidane itu boleh berdiri tegap, namun sang pelatih justru tidak ingin terlalu percaya diri menghadapi rival abadinya itu.

”Kami tidak memikirkan soal konsekuensi dari hasilnya, kami hanya memikirkan tentang mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan itu,” kata Zidane sebagaimana dilansir AS. ”Apapun yang terjadi, itu tidak akan jadi penentu,” tambahnya.

Mengingat duel El Clasico tahun lalu, di mana Real dihajar Barca 0-4, membuat Zidane harus memiliki strategi matang supaya kekalahan tersebut tidak terulang.

”Kami sudah membuat kekeliruan di menit akhir pertandingan. Tidak boleh lagi seperti itu, kami harus fokus dan menang,” tegasnya. (jpnn)


div>