RABU , 12 DESEMBER 2018

Elektabilitas Andi Seto Tertinggi

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

asharabdullah

Senin , 14 Mei 2018 10:04
Elektabilitas Andi Seto Tertinggi

Andi Seto Gadistha Asapa saat menggelar kampanye.

*Hasil Survei Insert Institute*

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Hasil survei yang dirilis Insert Institute menempatkan nama Andi Seto Gadhista Asapa sebagai calon bupati Sinjai dengan tingkat elektabilitas tertinggi.

Survei Insert Institute itu dilakukan sejak tanggal 28 April hingga 3 Mei lalu dengan mengunggulkan pasangan Andi Seto Asapa-Andi Kartini Ottong.

Survei yang dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan menggunakan 540 responden berbasis TPS yang ada diseluruh kecamatan di Kabupaten Sinjai. “Dari hasil survei yang kita lakukan, Andi Seto masih unggul di Kabupaten Sinjai,” kata, Direktur Riset dan Program Insert Institute Reski Yanti saat melakukan jumpa pers di salah satu cafe di Kota Makassar, Minggu (13/5).

Reski Yanti membeberkan, elektabilitas Andi Seto berada diangka 29,3 persen, Sabirin Yahya 24,3 persen dan Takyuddin Masse 13,10 persen dan tidak tahu 30,7 persen. Sementara untuk popularitas, Andi Seto 97,9 persen, Sabirin Yahya 98,5 persen dan Takyuddin Masse 89,8 persen.

Tingginya ektabilitas Andi Seto, kata Reski Yanti, karena pengaruh mantan Bupati Sinjai, Andi Rudiyanto Asapa yang tak lain adalah orang tuanya. “Tingginya ektabiltas, popularitas Andi Seto, karena pengaruh orang tuanya,” ucapnya.

Saat dipasangkan, pasangan nomor urut satu itu masih unggul dari pasangan calon lainnya. “Pasangan Andi Seto Gadhista Asapa-Andi Kartini memiliki strong voters yang cukup tinggi dibanding kadidat lain yakni, 56,5 persen disusul Sabirin Yahya-A Mahyanto Masda 52,5 persen dan Takyuddin Masse-Mizar Roem,” lanjut Reski Yanti.

Bahkan, kata Reski Yanti, program yang tawarkan oleh Andi Seto-Kartini juga lebih baik dibanding kandidat petahana Sabirin Yahya-Mahyanto Masda. “38,4 persen untuk pasangan Andi Seto Gadhista Asapa-Andi Kartini, 30,4 persen untuk pasangan Sabirin Yahya-A Mahyanto Masda dan 16,8 persen untuk Takyuddin Masse-Mizar Roem,” lanjutnya.

Menurut Reski, jika masih ada masyarakat Sinjai yang belum merasa puas atas kepemimpinan Sabirin sejak menjadi bupati. “Survei yang kita lakukan yang merasa puas hanya 51,6 persen dan tidak puas 41,1 persen tidak tahu 7,3 persen. Jika kita lihat calon incumbent itu dinilai berhasil jika kepuasan masyarkat sudah mencapai 70 persen,” pungkasnya. (*)


Tag
div>