KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Empat Fokus Anggaran Sulsel Tahun 2017

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 07 April 2016 19:30

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan Musrenbang penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2017 di Hotel Clarion, Kamis (7/4).

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyebutkan, anggaran tahun 2017 fokus kepada empat hal, yakni interkoneksi wilayah, pertanian dan pangan, energi, dan infrastruktur.

“Energi harus kita tambah, walaupun sekarang kita overstock, tetapi kalau besok kita memasuki era industri. Jadi sekarang harus diprogram. Termasuk bendungan dan irigasi,” ungkap Syahrul.

Walaupun, tambah Gubernur Syahrul, tahun ini terdapat pemotongan anggaran dari pusat, tetapi dirinya tetap akan berjuang. “Ingat, Sulsel memberi makan 21 provinsi, kita overstock tiga juta, itu sama nilainya dengan puluhan triliun,” ujarnya.

Musrenbang ini, lanjutnya, bertujuan untuk menentukan arah kebijakan pemerintah di Sulsel. “Ini menjadi penting sehingga akselerasi tidak ada yang tumpang tindih. Kalau daerah sini cetak sawah, di sana buat bendungan. Seperti apa unit lainnya mengupayakan bersama agar petumbuhan bisa dipercelat dan kita jaga,” katanya.

Misal, kata dia, energi yang lebih baik karena Sulsel ingin memasuki era industri. “Kalau itu menjadi era pilihan kita. Kesiapan daerah harus dilakukan,” imbaunya.

Dikatakan, bagaimama pertumbuhan pangan yang sudah bagus tidak menkadi bumerang. “Harus ada daya penyimpanan yang kuat. Seperti bagaimana anggaran bisa diarahkan, baik pusat, provinsi, dan kabupaten/kota,” ujarnya.


div>