MINGGU , 22 JULI 2018

Empat Mantan Bupati Rebutan Rekomendasi Gerindra

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 04 Februari 2016 12:31
Empat Mantan Bupati Rebutan Rekomendasi Gerindra

int

PENULIS: SOPHIAN
EDITOR: LUKMAN

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Partai Gerindra diprediksi bakal menjadi incaran sejumlah figur yang bakal maju di pilgub 2018 mendatang. Selain karena perolehan kursi Gerindra di Sulsel cukup signifikan sebanyak 11 kursi, figur elit partai berlambang burung garuda tersebut, dinilai memiliki kans besar untuk meningkatkan elektabilitas figur yang menjadi paketnya nanti.

Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI) Sulsel, Suwady Idris Amir menilai, sedikitnya terdapat empat figur Gerindra yang
memiliki nilai jual dan berpeluang besar diusung maju pada pilgub, mendatang. Mereka adalah La Tinro La Tunrung, Azikin
Solthan, Andi Nawir, dan Rudianto Asapa.

Selain memiliki pengalaman politik yang matang, keempatnya juga dinilai memiliki pengalaman birokrasi yang hampir setara.
Keempatnya, sama – sama memiliki pengalaman sebagai bupati dua periode. La Tinro diketahui merupakan bekas bupati Enrekang dua periode, Azikin dua periode di Bantaeng, Andi Nawir dua periode di Pinrang, dan Rudianto Asapa dua periode di Sinjai.

Meski demikian peluang, La Tinro la Tunrung mendapatkan rekomendasi usungan dari DPP Gerindra lebih besar dibandingkan tiga figur lainnya.

Hal itu karena La Tinro dinilai cukup sukses membawa Gerindra memenangkan sejumlah event politik, mulai dari Pileg hingga pelaksanaan pilkada serentak di 11 daerah dengan mendominasi delapan kemenangan.

“Keempat figur Gerindra ini punya peluang besar untuk bisa bertarung di Pilgub Sulsel, tetapi jika melihat siapa figur yang punya potensi, pak La Tinro saya pikir punya peluang yang lebih besar,” ujarnya, Rabu (3/2).

Selain itu, lanjut Suwady, sejauh ini dorongan di tingkat partai khususnya DPC terhadap La Tinro untuk maju juga cukup gencar dilakukan. “Hal ini menjadi indikasi yang baik, bahwa mesin partai bisa saja solid dalam melakukan kerja pemenangan di pilgub nanti,” terangnya.

Sejauh ini, dorongan terhadap La Tinro La Tunrung untuk maju dalam pilgub Sulsel 2018, semakin intensif dilakukan, khususnya dari kalangan internal partai dan fraksi di parlemen. Diketahui sebelumnya, Partai Gerindra pada Pilgub Sulsel 2013 lalu mengusung Rudianto Asapa berpasangan dengan A Nawir Pasinringi.

Ketua Fraksi Gerindra Makassar, Amar Busthanul mengungkapkan La Tinro La Tunrung merupakan satu-satunya figur yang dinilai paling realistis untuk diusung di event pilgub. Selama ini Gerindra Sulsel dibawah kendalinya mulai dari pileg hingga pilkada serentak menjadi modal kuat bagi partai tersebut untuk mengusung bekas bupati Enrekang dua periode ini.

[NEXT-RASUL]

“Moment Pilgub, Gerindra mesti realistis. Dengan prestasi yang ada selama ini, pak La Tinro paling pantas untuk diusung.
Sehingga tidak muluk-muluk jika kader meminta agar pak La Tinro segera mendeklarasikan diri, agar mesin partai sudah bisa digerakkan,” ujarnya.

Amar menjelaskan bahwa dukungan kepada La Tinro berdasarkan pertimbangan yang matang. Secara politis, La Tinro menduduki posisi paling strategis di Gerindra Sulsel. Pengalamannya juga dianggap cukup, karena pernah dua periode menjabat Bupati Enrekang serta mendapatkan berbagai penghargaan tingkat nasional. Menurut Amar, belum ada figur lain di Gerindra Sulsel yang mampu menyaingi ketokohan La Tinro.

Amar juga menyinggung keberhasilan La Tinro mengawal berbagai keberhasilan Gerindra di Sulsel. Pada Pemilihan Umum 2014, Gerindra menempati urutan kedua perolehan suara terbanyak di Sulsel, dan meloloskan sebelas legislator di DPRD Sulsel. Adapun pada pemilihan kepala daerah serentak 2015, Gerindra memenangkan calon bupati usungannya di delapan dari sebelas kabupaten. “Di antara delapan itu, ada tiga kader utama Gerindra yang menjadi kepala daerah,” kata Amar.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Makassar dari Partai Gerindra, Eric Horas membenarkan dukungan fraksinya kepada La Tinro.
Menurutnya, sejauh ini Gerindra Makassar telah melakukan rapat koordinasi internal, termasuk di lingkup fraksi di DPRD.

Menurut dia, dari hasil rapat koordinasi tersebut, Gerindra Makassar menyimpulkan sedikitnya terdapat empat daftar nama kader Gerindra yang dianggap layak untuk diusung pada Pilgub 2018. Selain La Tinro, tiga lainnya adalah Azikin Solthan,
Andi Nawir, dan Rudianto Asapa.

“Pak La Tinro yang paling berpengaruh di kepengurusan Gerindra Sulsel. Tapi saya ingin menekankan bahwa Gerindra tidak kekurangan stok kader. Semua pada dasarnya sama-sama layak untuk diusung,” jelasnya.

[NEXT-RASUL]

Senada diungkapkan Ketua DPC Gerindra Palopo, Marjono. Menurutnya, seluruh elemen partai di tingkat DPC, khususnya Palopo telah berkomitmen untuk mendorong dan memenangkan La Tinro La Tunrung dalam pilgub mendatang.

Bahkan pihaknya sudah menyiapkan pernyataan dukungan secara tertulis kepada La Tinro untuk menegaskan diri maju di Pilgub, saat peringatan hari Ulang tahun Gerindra, pada 7 Februari mendatang.

“Dan pernyataan dukungan ini, juga akan disampaikan sejumlah DPC, bukan hanya Palopo. Karena memang kami menilai, bahwa pak La Tinro, memiliki prestasi yang baik membesarkan Gerindra di Sulsel,” terangnya.

Ketua Bappilu Gerindra Sulsel Idris Manggabarani mengatakan bahwa Gerindra Sulsel, dalam pelaksanaan pilgub mendatang, proses penjaringannya akan dilakukan melalui pembentukan Desk Pilkada. Sehingga, tidak menutup kemungkinan, bahwa figur eksternal partai bisa saja mengendarai Gerindra.

“Jadi di setiap pemilihan, Gerindra punya Desk pilkada untuk melakukan penjaringan. Disitu dimungkinkan kader sendiri atau kader luar untuk mendapatkan rekomendasi usungan. tentunya kita berharap jika terdapat kader sendiri yang mumpuni elektabilitasnya, tentu kita dorong. kalau elektabilitasnya rendah dan kita paksakan mengusung, itu artinya kita bunuh kader kita sendiri,” tandasnya.

Mendapatkan dorongan untuk maju di Pilgub Sulsel, Ketua Gerindra Sulsel La Tinro La Tunrung mengaku dirinya masih belum memikirkan untuk maju di Pilgub Sulsel, meskipun dirinya masuk dalam bursa cagub. “Saya belum berpikir ke sana (Pilgub),” ujarnya.

Meski mengaku belum memikirkan soal Pilgub Sulsel, dia akan wait and see, melihat perkembangan politik yang ada di Sulsel. “Kita lihat saja perkembangannya nanti,” tandasnya.


Tag
  • GERINDRA
  •  
    div>