Empat Pencopet Spesialis Mal Dibekuk

Kepolisian memperlihatkan gambar para komplotan copet mal di Polsek Ujung Pandang, Selasa (10/1). Komplotan pencopet ini melakukan aksinya dengan membobol kartu kredit dan mengambil uang korban melalui ATM. foto: muhaimin/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tim Unit Operasional Kepolisian Sektor (Polsek) Ujung Pandang membekuk empat pencopet yang kerap beraksi pusat perbelanjaan modern (mal). Dua diantaranya merupakan Ibu Rumah Tangga (IRT). Ada pula yang berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Keempat pelaku yakni Saripah alias Sara (35) dan Rahmat alias Tobbe (31) warga asal Balikpapan, Kalimantan Timur. Ketiga yakni Erni Damayanti (35) warga Gowa. Ketiganya merupakan eskekutor. Sementara satu lainnya, Rizal (30) warga asal Gowa berperan sebagai supir.

Kepala Unis (Kanit) Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Ujung Pandang, AKP Laode Ahmad, mengatakan, penangkapan keempat pelaku berdasarkan laporan korban Dg Ni Putu Widani yang menjadi korban pencopetan di Mall Karebosi Link, Minggu (8/1).

Berdasarkan laporan itu, penyidik langsung melakukan penyelidikan dan menyita rekaman CCTV sejumlah toko. Dari rekaman itu, penyidik berhasil mengantongi ciri-ciri dan identitas pelaku.

Keempat pelaku kemudian dibekuk di lokasi yang berbeda, Erni dan Rizal dibekuk saat berada di kediamannya di Desa Taeng Tamanyeleng, Kabupaten Gowa. Selanjutnya, penyidik melakukan pengembangan dan berhasil menangkap Saripa saat berada di Jl Monginsidi Baru Makassar.
“Semenara, Rahmat dibekuk di Kompleks Marinda Makassar,” kata Laode diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (11/1).

Di hadapan polisi, Saripah mengaku jika dirinya bersama Rahmat pernah beraksi di kawasan Karebosi Link dengan cara mengambil kartu ATM korban.

[NEXT-RASUL]

“Saya dan Rahmat merencanakan aksi ini dan saya juga telah menggambarkan situasi tersebut. Korbannya adalah pengunjung mal dan pusat perbelanjaan lain di Kota Makassar,” ucap Saripah.

Sementara itu, dua pelaku lainnya, yakni Erni dan Rizal mengaku terlibat setelah mengenal Saripah dan Rahmat. “Saya baru melakukan ini, dan saya beraksi ini dari arahan tante saya, Erni. Itu juga saya kenal yang dua ini dari dia juga,” kata Rizal.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Ujung Pandang, Kompol Ananda Fauzi Harahap mengatakan, keempatnya merupakan komplotan pencopet dengan sasaran pengunjung mal. “Aksi pelaku terekam karema CCTV di salah satu toko di lokasi kejadian,” beber Ananda.

Dari tangan pelaku, pihaknya menyita barang bukti berupa beberapa dompet, handphone, surat surat penting, dan kartu rekening hasil copet. (***)