RABU , 12 DESEMBER 2018

Empat Tahun Terakhir, Kasus Narkoba di Parepare Makin Meningkat

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 11 April 2016 17:30
Empat Tahun Terakhir, Kasus Narkoba di Parepare Makin Meningkat

int

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Polisi Resort (Polres) Parepare, AKBP Alan Gerrit Abast membeberkan peningkatan kasus narkoba yang terjadi di Kota Parepare selama empat tahun terakhir. Dikatakan Alan, selama empat tahun terakhir, kasus yang menonjol ditangani pihak kepolisian Parepare adalah kasus narkoba.

Disebutkan, pada tahun 2013 perkara kasus narkoba yang sudah dilimpahkan sekitar 25 kasus, lalu di tahun 2014 meningkat kasus perkara narkoba sebanyak 28 kasus, lalu 2015 naik lagi perkara kasus narkoba sebanyak 45 kasus dan tahun 2016 hingga bulan April sekarang ini ditangani baru 20 kasus. “Ini menandakan setiap tahun angka kasus kasus narkoba meningkat. Ini karena Parepare sangat strategis jalur narkoba melalu pelabuhan Nusantara, dan inilah yang harus diperketat oleh aparat kepolisian,” sebut Alan, Senin, (11/4).

Selama Alan menjabat kapolres sudah 12 kilogram sabu secara keseluruhan yang berhasil ia tangkap. Penangkapan pertanggal 6 Februari 2016 sebanyak 10 kilogram dengan tiga tersangka yakni Makmur, Hartono dan Yunus, kedua, pada tanggal 12 Februari 2016 polisi menangkap satu kilogram sabu dengan tersangka bernama Kasman alias Amis Sangke, dan Ismail Raseng.

Lalu, tanggal 4 April kemarin polisi menyita satu kilogram sabu-sabu, dan sekarang masih tahap pemeriksaan terkait keterlibatanya ketiga tersangka tersebut, dan bahkan sudah ada ditetapkan DPO terkait kasus ini. Kedepan, kata Alan, pihak kepolisian telah belajar pelatihan khsusus anjing pelacak dan mengirim anggotanya, “Kemungkinan bulan Juni sudah tiba di Parepare pasukan khusus anjing pelacak sebanyak dua ekor,” jelasnya.

Dua ekor anjing pelacak ini menangani khusus narkoba dan khusus masalah bahan peledak, “Jadi adanya anjing pelacak nantinya maka ruang gerak pengedar narkoba takkan bisa lagi berkutik,” terang Alan singkat.


div>