KAMIS , 22 NOVEMBER 2018

Entaskan Kemiskinan, Kementerian Pertanian Launching Program Bekerja di Takalar

Reporter:

Supahrin Tiro

Editor:

Iskanto

Kamis , 25 Oktober 2018 16:15
Entaskan Kemiskinan, Kementerian Pertanian Launching Program Bekerja di Takalar

Penyerahan bantuan secara simbolis. Diserahkan langsung oleh Bupati Takalar kepada 4 perwakilan RTM)dari Kecamatan Polut dan 4 orang perwakilan Kecamatan Mangarabombang.

TAKALAR, RAKYATSULSEL.COM – Bupati Takalar H. Syamsari Kitta yang didampingi Perwakilan Direktorat Perbibitan Dirjen Kementerian Peternakan RI, melaunching Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) 2018. Kegiatan ini berlangsung di Tribun Lapangan H. M. Daeng Sibali Takalar, Kamis (25/10).

Program Bekerja ini, merupakan program Kementerian Pertanian untuk mengentaskan kemiskinan. Khususnya masyarakat yang berada di kategori pra sejahtera. Dengan memberikan bantuan kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Takalar.

Bantuan tersebut berupa bibit ternak ayam, bibit kelapa, bibit mangga dan sayur yang akan dibagikan kepada warga RTM. Akan didistribusikan oleh Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Besar Veteriner Maros.

Hal ini sejalan dengan program Pemkab untuk mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Takalar.

Launching Program Bekerja ini, ditandai dengan penabuhan gendang dan penyerahan bantuan secara simbolis. Diserahkan langsung oleh Bupati Takalar kepada 4 perwakilan RTM)dari Kecamatan Polut dan 4 orang perwakilan Kecamatan Mangarabombang.

Kepala Dinas Pertanian Takalar Muh. Hasbi dalam laporannya menjelaskan bahwa sebanyak 150 ribu ekor ayam akan dibagikan kepada 2500 KK RTM. Dengan rincian 50 ekor per Kepala Keluarga RTM.

Selain bantuan ternak ayam, masing-masing penerima juga mendapatkan bantuan bibit kelapa, bibit mangga dan bibit sayuran masing-masing minimal 2 bibit.

“Kami laporkan bahwa ke 2500 KK RTM ini terdiri dari 1000 RTM dari kecamatan Mangarabombang dan 1500 RTM dari Kecamatan Polongbangkeng Utara. Kedua kecamatan tersebut dipilih mendapatkan bantuan ini karena merupakan kecamatan yang tingkat kemiskinannya tertinggi sesuai dengan hasil verifikasi tim Kemenpan, Dinas Sosial dan dinas Pertanian kab. Takalar,” jelas Muh. Hasbi.

Sementara itu, Bupati Takalar H. Syamsari berharap agar titipan pemerintah yang sudah dirancang oleh Presiden RI bersama Kementerian Pertanian dan Kementerian sosial agar dapat dijaga dan dikembangbiakkan. Agar dapat meningkatkan kesejahteraan di rumah tangga masing-masing.

“Paket komplit yang diberikan seperti ayam, bibit mangga, bibit kelapa dan sayur untuk RTM ini memang dirancang agar mendapatkan penghasilan warga yang lebih tiap saat. Kita harus mengubah diri untuk menjadikan kehidupan lebih baik,” urai H. Syamsari.

“Kami berharap dengan adanya bantuan ini dapat Mengubah pendapatan warga yang kurang mampu. Pemberian Bekerja ini, semoga 3 bulan ke depan pendapatannya dapat meningkat,” tambahnya. (*)


div>