KAMIS , 22 NOVEMBER 2018

F8 Resmi Ditutup, Transaksi Capai Rp 15 Miliar

Reporter:

Armansyah

Editor:

Iskanto

Senin , 15 Oktober 2018 08:20
F8 Resmi Ditutup, Transaksi Capai Rp 15 Miliar

ANDRI SAPUTRA/RAKYATSULSEL F8. Suasana pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang digelar beberapa waktu lalu.

Perhelatan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) telah usai, Minggu (14/10). Berbagai kemeriahan yang spektakuler disajikan selama lima hari kegiatan berskala internasional itu disepanjangan 1,7 Kilometer (Km) di Anjungan Pantai Losari. Selama pelaksanaan F8, jumlah transaksi mencapai Rp 15 miliar dengan pengunjung 1,9 orang.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto mengatakan, sepanjang perhelatan (minus hari penutupan) pengunjung F8 mencapai 1,9 juta orang yang datang ke kawasan anjungan dan CPI. Data itu berdasarkan informasi dari Moka (perusahaan penyedia data).

“Coba bayangkan, kalau 2 juta, orang yang belanja saja setengahnya dengan transaksi minimal Rp 20 ribu itu sudah Rp 15 miliar dan ini real karena orang tidak mungkin datang tidak bawa uang,” ujar Danny, Minggu (14/10).

Perputaran uang yang mencapai Rp 15 miliar, kata Danny menandakan tingkat ekonomi saat F8 sangat menguntungkan semua pihak, utamanya para pelaku UKM. Termasuk juru parkir yang menyediakan jasa parkir di kawasan event F8 ini.

“Jukir saja beli motor, artinya ini menarik sekali (F8). Penjual pisang epe juga yang ada informasinya meraup keuntungan sampai puluhan juta. Ini mesti dipelihara dan menjadi agenda tahunan yang terus berjalan,” ucapnya.

Danny berharap, event sebesar F8 harus kembalinya untuk rakyat dan tidak ada oknum yang memanfaatkan demi kepentingan pribadi. “Siapapun wali kotanya harus dilaksanakan ini barang (F8), meski ini ide saya yang ciptakan untuk warga Makassar tapi saya tidak mau klaim ini punya saya tapi punya Makassar,” ungkapnya.

Dengan berbagai kesenangan didalamnya untuk warga Kota Makassar, Danny Pomanto berencana mematenkan festival yang masuk dalam 100 agenda Kementerian Pariwisata RI tersebut.

Kata Danny, meski dirinya menjabat kurang lebih sisa delapan bulan lagi tidak menghalangi untuk berbuat baik demi masyarakat Kota Makassar. Kedepan, dirinya akan membuat buku sebagai acuan pelaksanaan kegiatan F8.

“Saya akan patenkan juga. Karena saya yang gagas ini barang (F8), kalau Pemkot Makassar ingin ambil, saya tidak ambil. Saya tidak ingin ambil untung soal ini, tapi kalau pemkot akan datang ingin didesainkan, kita siap,” ungkap Danny Pomanto.

Lebih jauh Danny mengatakan, banyak keuntungan yang didapatkan oleh Pemerintah Kota Makassar di event berskala internasional itu, salah satunya yakni soal 10 investasi terbaik telah dilirik oleh 15 negara sahabat yang sempat hadir.

“Pekan depan itu, bos-bos dari 15 negara yang terhimpun di Asian Development Bank (ADB) akan ke Makassar dan itu tidak gampang. Mereka hanya memilih yang benar-benar potensial dan Makassar salah satunya kota di dunia yang dipilih,” ungkapnya.

“Saya akan persentasikan kembali 10 investasi terbaik pemkot ke mereka (ADB) dan itu kunjungan bergengsi dan kebanggaan,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Majid mengatakan, pihaknya bersyukur lantaran semua target yang dicanangkan telah melampaui. Misalnya transaksi perputaran uang yang ditarget Rp 9 miliar.

“Alhamdulillah kita telah capai, pengunjung yang datang itu sekitar 1,9 juta. 40 persen saja kemudian dikali dengan transaksi minimal Rp 20 ribu itu mencapai Rp 15 miliar dan telah melewati target,” ucapnya.

Maya–sapaan akrabnya berterima kasih dengan awak media yang telah mendukung suksesnya acara event berskala internasional ini. Pasalnya, dengan pemberitaan info F8 bisa tersampaikan dengan baik.

“Kita lihat kunjungan wisatawan yang berkunjung di F8 yang kita targetkan 1,5 ternyata bisa sampai 1,9 bahkan lebih,” ungkapnya.

Terpisah, Regional Sales Manager Sulawesi Moka, Ade Saputra Wibowo mengatakan, trend jumlah pengunjung selama perhelatan (minum penutupan) mencapai 1.971.622 orang. Sejak hari pertama trendnya naik sekira 20 persen jika dilihat dari data melalui aplikasi Moka.

“Pembukaan itu pengunjung 305.894 orang, itu naik di hari kedua sekira 20 persen atau 365.917 orang. Kemudian naik 49 persen hari ketiga atau 543.456 dan malam minggu naik 39 persen atau 756.355,” ucapnya.

Lanjut Ade, puncak pengunjung berada di pukul 20.00 hingga 20.59 dimana mencapai 537.980 orang. Sementara untuk gate (pintu masuk) terbanyak berada di gate 2 dengan pengunjung mencapai 543.725 orang. (*)


div>