MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Fakultas Hukum UM Parepare Bakal Buka Kelas Eksekutif

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 02 Agustus 2018 11:00
Fakultas Hukum UM Parepare Bakal Buka Kelas Eksekutif

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare, saat melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pengadilan Agama Kota Parepare di Ruang Cempaka, Hotel Bukit Kenari, Parepare, Rabu 1 Agustus 2018.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare, Sulawesi Selatan melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pengadilan Agama Kota Parepare di Ruang Cempaka, Hotel Bukit Kenari, Parepare, Rabu 1 Agustus 2018.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan Dekan Fakultas Hukum UM Parepare, Asram AT Jadda, SHi, M Hum dengan Ketua Pengadilan Agama Parepare Dra Nur Alam Syaf, SH, MH. Kerjasama yang akan dilakukan berupa siap menerima mahasiswa Fakultas Hukum yang hendak melakukan praktek atau magang di Pengadilan Agama Parepare.

“Kami siap menerima mahasiswa Fakultas Hukum UM Parepare jika ada yang hendak magang atau Praktek Kerja Lapang (PKL, red) di Kantor Pengadilan Agama.

Selain itu, Pengadilan Agama memfasilitasi atau menginformasikan keberadaan Fakultas Hukum UM Parepare, baik di dalam maupun di luar Pengadilan Agama Parepare,” ungkap Nur Alam, Ketua Pengadilan Agama Parepare.

Nur Alam juga berjanji akan mendorong dan memberi semangat sejumlah staf Pengadilan Agama baik yang sudah menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN, red) maupun yang masih tenaga kontrak untuk kuliah di Fakultas Hukum UM Parepare. “Utamanya yang belum sarjana,” ujar Nur Alam.

Dekan Fakultas Hukum Parepare, Asram AT Jadda mengapresiasi kerjasama dan dukungan Pengadilan Agama Parepare terhadap keberadaan Fakultas Hukum UM Parepare.

“Meski Fakultas Hukum ini baru berdiri tahun 2015 lalu atau mahasiswanya baru semester enam, namun respon instansi penegak hukum seperti Pengadilan Agama cukup bagus. Apalagi Fakultas Hukum memang rencana membuka kelas eksekutif, khusus kelas yang mahasiswanya bekerja baik di instansi pemerintahan maupun swasta. Jadi kuliahnya Sabtu-Minggu,” jelas Asram.

Asram menambahkan, selain bekerjasama dengan Pengadilan Agama, juga akan menjajaki peluang kerjasama dengan instansi penegak hukum lain seperti Pengadilan Negeri , Kejaksaan Negeri, Kepolisian, Lembaga Pemasyarakatan.

Bukan hanya itu, lanjut Asram, karena Fakultas Hukum UM Parepare yang spesialisasinya di Bidang Hukum dan Lingkungan, maka juga akan menjajaki kerjasama dengan instansi yang bergerak di bidang Lingkungan seperti Badan Lingkungan Hidup (BLH).

“Baik itu yang berada di Kota Parepare maupun yang ada di sekitar kawasan Ajatappareng seperti Pinrang, Sidrap, Barru dan Enrekang,” kata Asram.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan disela-sela kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Strategis dan Rencana Operasional serta Evaluasi Diri, Fakultas Hukum UM Parepare.

Kegiatan penandatanganan ini disaksikan Wakil Rektor I UM Parepare, DR Andi Nuddin, MSi dan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPMU) UM Parepare Dr Nurhapsa, M.Si. Acara workhsop ini juga dihadiri perwakilan dari Kepolisian, Kejaksaan, Lembaga Pemasyarakatan, Pengadilan Agama dan Badan Lingkungan Hidup.

Selain itu turut hadir, Wakil Dekan Fakultas Hukum UM Parepare, Firmansyah dan sejumlah Dosen Fakultas Hukum UM Parepare diantaranya Wahyu Rasyid, Mutmainnah, Alfiansyah Anwar, Tresita Wahida, dan Ibrahim Fattah. Sejumlah perwakilan organisasi mahasiswa Fakultas Hukum UM Parepare juga hadir memberi gagasan dan kritikan dalam kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Strategis dan Rencana Operasional serta Evaluasi Diri Fakultas Hukum UM Parepare ini. (*)


div>