RABU , 14 NOVEMBER 2018

Fakultas Sastra Siapkan Alumni Berdaya Saing Global

Reporter:

Editor:

Nunu

Rabu , 15 Agustus 2018 10:35
Fakultas Sastra Siapkan Alumni Berdaya Saing Global

LOKAKARYA. Fakultas Sastra UMI menggelar Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI Fakultas Sastra UMI dengan tema Peran Kurikulum Berbasis KKNI dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Hotel Maxone, (15/8).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Fakultas Sastra merupakan salah satu fakultas di UMI sebagai garda terdepan dalam mewujudkan goal UMI menuju World Class University. UMI menyiapkan SDM yang siap berkompetisi dan siap bersaing di era global dengan knowledge dan skill yang dimiliki dengan pencapaian level kualifikasi melalui berbagai alur.

Hal ini disampaikan Dekan Fak. Sastra Prof. Dr H Basri Dalle M.Hum di acara pembukaan Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI Fakultas Sastra UMI dengan tema Peran Kurikulum Berbasis KKNI dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Hotel Maxone, (15/8).

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang akademik Dr. Ir Hanafi Ashad MT acara mengatakan hakikat pendidikan adalah upaya membantu pertumbuhan peserta didik agar mencapai perkembangan yang optimal dan memiliki karakter yang berkaitan dengan konsep moral, sikap dan perilaku moral dalam aktivitasnya.

“Lokakarya ini diharapkan akan melahirkan desain kurikulum berbasis KKNI, melahirkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan pasar, merumuskan program kerja secara profesional dan berkualitas sesuai arah pengembangan UMI ke depan menuju WCU,” beber Dekan Fakultas Teknik ( periode 2014-2018) itu.

Ketua L2 Dikti, Prof. Dr. H Jasruddin MSi sebagai keynote speech mengatakan untuk melahirkan SDM yang diharapkan maka syaratnya harus menguasai IT, komunikatif, dan berjiwa kewirausahaan. Selain itu ilmu dan keterampilan yang dimiliki harus dimanfaatkan untuk kemaslahatan ummat sebagaimana hadist Nabi sebaik-baik manusia ketika dia bisa bermanfaat kepada orang lain.

Lanjut dikatakan, penyusunan kurikulum tidak hanya mengacu kepada pencapaian knowledge tapi bagaimana dosen mengajar dengan peningkatan skill sehingga setelah menyelesaikan kuliah mereka siap hadir di tengah-tengah masyarakat, mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis infornasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. “Pengajaran harus mengedepankan knowledge, skill, attitude dan kemampuan management,” ujar nya


Tag
div>