SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Farmasi UMI Gelar Seminar Nasional

Reporter:

Suryadi

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 16 Desember 2017 16:09
Farmasi UMI Gelar Seminar Nasional

Suasana saat Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menggelar seminar Nasional di Auditorium Al-Jibra Makassar, Sabtu (16/12/2017). Foto: Suryadi/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Guna menambah ilmu pengetahuan dan wawasan mahasiswa farmasi. Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menggelar seminar Nasional di Auditorium Al-Jibra Makassar, Sabtu (16/12/2017).

Seminar Nasional membahas Drug Delivery System 2017. Bertajuk, “Perkembangan sistem penghantaran pengobatan dan nutraceutical dan sistem penghantaran transdermal di Indonesia”.

Menghadirkan, Narasumber. Dra Esti Hendradi M.SI. Apt. Ph.D (Dosen dan peneliti Universitas Airlangga Surabaya) dan Dr. Rer Nat Ronni Martien M.Si. (Dosen dan peneliti Universitas Gajah Mada).

Dalam paparan materinya, dengan topik “sistem penghantaran obat transdermal di Indonesia”. Dra Esti Hendradi M.SI. Apt. Ph.D mengupas banyak hal tentang drug delivery system kepada mahasiswa farmasi UMI yang hadir. Pengetahuan yang di sampaikan perihal perkembangan obat transdermal bagi manusia.

“Perkembangan teknologi saat ini. Transdermal drug delivery system merupakan rute dimana bahan aktif yang disampaikan dikulit akan didistribusikan secara sistemik,” ungkapnya.

Menurutnya, system penghantaran obat secara transdermal atau drug delivery (TDD) merupakan salah satu sistem penghantaran obat non konvensional atau termodifikasi.

Jebolan Universitas Airlangga Surabaya ini menjelaskan, sistem penghantaran obat secara transdermal juga merupakan salah satu inovasi dalam sistem penghantaran obat modern untuk mengatasi problem bioavailabilitas.

“Sebagai mahasiswa calon peneliti perlu mengetahui. Obat tersebut jika diberikan melalui jalur lain seperti oral,” ungkapnya.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Farmasi UMI Makassar, Rachmat Kosman S.Si. M.Kes. Apt sebelum membuka acara seminar nasional drug delivery system 2017 berpesan kegiatan seminar sangat penting karna membahas sejumlah perkembangan medis kesehatan saat ini kepada mahasiswa calon peneliti dan peneliti.

“Kegiatan ini sangat penting. Memberikan pengetahuan juga menambahkan wawancara bagi mahasiswa yang hadir. Karena merupakan peneliti dan calon peneliti ke depan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan pihak fakultas maupun rektorat UMI Makassar sangat mendukung kegiatan seperti ini. Dia berjanji penyediaan sarana prasatana akan ditambahakan, guna mengembangkan minat mahasiswa dalam penelitian.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami di farmasi UMI. Kami fakultas dan universitas mendukung kegiatan ini guna meningkatkan kualitas mahasiswa membangun SDM,” pungkasnya.


div>