SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Festival Pelajar #3, Disdik Sulsel Akan Gelar di Empat Lokasi

Reporter:

Editor:

Iskanto

Rabu , 24 Oktober 2018 15:54
Festival Pelajar #3, Disdik Sulsel Akan Gelar di Empat Lokasi

Festival Pelajar #3 Tahun 2018

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan tengah merampungkan persiapan penyelenggaraan Festival Pelajar #3 Tahun 2018. Kegiatan tahunan pelajar SMA, SMK, dan SLB se-Sulsel ini bertemakan, “Pelajar Andalan Sulsel Jaya”.

Festival Pelajar yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ketiga kalinya (dimulai tahun 2016) akan dihelat 26 hingga 28 Oktober 2018. Festival ini mengembang misi membangkitkan semangat siswa Sulsel untuk menjadi kreatif dan memiliki karakter menyambut masa depannya.

“Festival pelajar ini diharapkan memotivasi semua pihak terkait untuk terus membuat pendidikan menjadi lebih baik di masa depan,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo.

Dibanding dua penyelenggaraan sebelumnya, Festival Pelajar kali ini diadakan di empat venue (tempat). Ke empat venue tersebut yaitu di gedung Celebes Convention Centre (CCC) kawasan Tanjung Bunga, Kampus UNM Gunung Sari (Fakultas Ilmu Keolahragaan), Kampus Unhas (GOR) Tamalanrea, dan di Kantor Dinas Pendidikan Sulsel.

Partisipan dalam Festival Pelajar #3 berasal dari 24 kabupaten/kota, 15 ribu atlet dan ofisial, serta 125 panitia/sukarelawan.

Mengusung konsep “Bermain Sambil Belajar”, Festival Pelajar #3 juga sekaligus sebagai ajang kualifikasi untuk kegiatan OSN, O2SN, FLS2N dan LKS-SMK. Dalam event ini juga diadakan Pameran Produksi dan Karya Siswa SMK.

None, sapaan akrab Irman, menyebutkan bidang lomba kualifikasi yang akan diadakan. Untuk O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) lomba-lombanya berupa bulutangkis, atletik, renang, silat dan karate dengan jumlah peserta lomba 480 pelajar.

Sementara untuk Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) target peserta lomba sebanyak 504 pelajar dengan jenis lomba; lagu solo, gitar akustik, tari tradisional, film pendek, dan musik tradisional.

Sedangkan LKS SMK akan melombakan 30 lomba kompetensi dengan jumlah peserta 720 pelajar. Demikian juga dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) akan memperlombakan sembilan mata pelajaran dengan target 9.500 pelajar.

Selain bidang lomba kualifikasi, bidang lomba non kualifikasi juga diadakan di Festival Pelajar #3 kali ini. Lomba non kualifikasi meliputi lomba keagamaan, ekstrakurikuler, debat, dan pameran.

Lomba keagamaan meliputi lomba adzan, MTQ, qalam jamaie, pesparawi, dan da’i pelajar. Kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari tiga; Paskibraka, Pramuka, dan PMR. Sedang lomba debat ada dua; debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. (*)


div>