• Jumat, 25 April 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

Festival Salo Karajae (Pare Pare) , Akan Dijadikan Agenda Tahunan

Rabu , 03 Oktober 2012 09:57
Total Pembaca : 378 Views

Baca juga

PAREPARE – Pelaksanaan acara adat yang baru pertama kalinya dilakukan sepanjang sejarah semenjak Keberadaan Salo Karajae, di Sumpang Minangae Parepare, Kecamatan Bacukiki ini, oleh Pemerintah Kota diwacanakan menjadi suatu agenda Tahunan di wilayah Ajatappareng.

Hal ini disampaikan Plt Wali Kota Parepare, H Sjamsu Alam, dalam sambutannya pada pembukaan Festival Salo Karajae yang dihadiri dan dibuka langsung Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo ini, Syamsu Alam berharap, Festival Salo Karajae ini diharapkan mampu membawa Kota Parepare sebagai pusat wisata budaya di wilayah Ajatappareng.

Bentuk apresiasi yang tinggi dengan terlaksananya festival Salo Karajae ini, meski itu masih skala Regional, penghargaan yang tinggi juga disampaikan, H Syanmsu Alam, kepada masyarakat atas antusiasnya dan dukungan yang besar terlaksananya festival Salo Karajae.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kota Parepare saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo, yang berkenan hadir dan membuka acara ini. Acara ini saya harapkan dapat membuka mata generasi bangsa untuk senantiasa selalu menjaga budaya dan adat istiadat,” kata Syamsu Alam.

Ia berharap festival tersebut mampu menggugah generasi muda untuk menggali budaya, terutama budaya dari lima daerah yang merupakan representasi wilayah Ajatappareng.

“Dengan hadirnya penggalian terhadap budaya di wilayah ini, saya yakin bahwa Parepare dan sekitarnya akan menjadi destinasi dan promosi wisata yang menjanjikan di Sulsel, dan kemudian mampu mendukung program Visit Sout Sulawesi yang telah dicanangkan Pak Gubernur,” tambahnya.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, dalam sambutannya menekankan, festival Salo Karajae, diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat se-Ajatappareng, Ia mendukung agar festival tersebut dijadikan kalender tahunan dan dibuat lebih besar lagi di masa-masa yang akan dating.

“Dipelihara apa yang baik yang telah dibuat oleh orang-orang terdahulu kita. Sebagai bagian dari warga Parepare, saya bangga dengan acara ini. Ini utamanya yang berkenan dengan kegiatan seni dan wisata, kita harapkan festival ini dapat menjadi wadah wisata bagi daerah di Ajatappareng,” pungkas Syahrul. (k7/dj/C)