RABU , 14 NOVEMBER 2018

Feyenoord Kembali Raih Gelar Juara Eredivisie Setelah 18 Tahun

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 15 Mei 2017 09:52
Feyenoord Kembali Raih Gelar Juara Eredivisie Setelah 18 Tahun

Feyenoord memastikan juara Eredivisie musim ini usai menang 3-1 atas Heracles Almelo. foto: net

JAKARTA – Butuh waktu 18 tahun bagi Feyenoord Rotterdam untuk kembali mengangkat trofi juara Eredivisie, kasta tertinggi kompetisi sepak bola Belanda. Usai mengalahkan Heracles Almelo dengan skor 3-1, Minggu (14/5) malam WITA, Feyenoord memastikan diri menjuarai Eredivisie 2016-2017.

Perburuan gelar juara Eredivisie musim ini memang harus ditentukan hingga pekan pamungkas atau pekan ke-34. Maklum saja, AFC Ajax terus menguntit di posisi kedua.

Tiga gol dari Dirk Kuyt ke gawang Heracles membuat Feyenoord mengumpulkan poin 82. Mereka unggul 1 angka dari AFC Ajax (81 poin) yang pada pekan terakhir juga meraih kemenangan. Tim asuhan Peter Bosz itu menang 3-1 di kandang Willem II Tilburg.

Terakhir kali Feyenoord menjadi juara sebelum musim ini adalah pada 1998-1999. Setelah itu, salah satu anggota De Grote Drie tersebut seakan memudar pamornya. Mereka kalah bersaing dengan anggota De Grote Drie lainnya yakni AFC Ajax dan PSV Eindhoven.

Ini menjadi gelar Eredivisie ke-15 bagi Feyenoord. Sedangkan bagi pelatih Giovanni van Bronckhorst menjadi gelar Eredivisie pertamanya. Pada 2015-206 dia mengantarkan Feyenoord juara KNVB Cup. Van Bronckhorst yang juga legenda Feyenoord ini melatih di De Kuip pada musim 2015-2016. Artinya, dia hanya butuh dua musim untuk membawa Feyenoord menjadi juara Eredivisie.

Menariknya, Van Bronckhorst yang saat bermain pernah berkostum Rangers FC, Arsenal, dan Barcelona tersebut baru pertama kali melatih bersama Feyenoord. Ini jelas menjadi pencapaian spesial bagi Van Bronckhorst.

Terlepas dari itu, Eredivisie musim 2016-2017 telah berakhir. Feyenoord menjadi juara setelah 18 tahun menunggu. Peringkat kedua diduduki AFC Ajax sekaligus meraih tiket Liga Champions. Namun, harus melalui kualifikasi ketiga. Tiket Liga Europa diraih PSV Eindhoven dan Vitesse Arnhemm.

[NEXT-RASUL]

Satu tim yang dipastikan terdegradasi ke Eerste Divisie adalah Go Ahead Eagles. Sedangkan Nec Nijmegen dan Roda JC Kerkrade harus menjalani play-off degradasi-promosi.

Keberhasilan Feyenoord menjadi juara Eredivisie musim 2016-2017 semakin lengkap setelah pemain mereka, Nicolai Jorgensen, menjadi top skorer dengan 21 gol.

Eredivisie 2016-2017
Juara: Feyenoord Rotterdam
Liga Champions: Feyenoord Rotterdam, AFC Ajax
Liga Europa: PSV Eindhoven, Vitesse Arnhem
Degradasi: Go Ahead Eagles
Top Skorer: Nicolai Jorgensen (Feyenoord) – 21 gol


div>