SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Figur Independen Mulai Bermunculan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 13 Maret 2017 16:46
Figur Independen Mulai Bermunculan

Ilustrasi.

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sinjai pada Tahun 2018 dipastikan akan ketat dan ramai. Hal ini karena beberapa bakal calon bupati yang menyatakan maju melalui jalur partai politik, juga muncul figur yang menyatakan siap maju melalui jalur independen. Salah satunya adalah Saktiawan yang berprofesi sebagai konsultan pengawas.

Lantas, bagaimana persiapan yang sudah ditempuh bakal calon independen untuk Pilkada Sinjai 2018.

Saktiawan mengakui, pihaknya sudah melakukan pengumpulan dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat. “Sekarang ini, tim kami mulai bergerak untuk mengumpulkan KTP dukungan dan jumlahnya sudah mencapai 10 ribu KTP dalam empat bulan terakhir. Di Sinjai sendiri terdapat kurang lebih 250.000 Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pilkada tahun 2013 lalu, untuk jalur independen diwajibkan untuk mendapatkan dukungan KTP sebanyak 15.000 untuk mendapatkan syarat verifikasi calon bupati,” ungkapnya.

Adapun program yang ditawarkan Saktiawan, antara lain program pemberdayaan masyarakat ditingkat desa. “Kenapa pemberdayaan di tingkat Desa, karena dengan program ini banyak kesejahteraan masyarakat yang akan tercapai jika mampu dimaksimalkan karen peran desa dalam pembangunan sangatlah besar,” jelasnya.

Selain itu, ia akan merencanakan pembangunan terfokus pada desa dengan orientasi membangun dari desa sebagai motor penggerak ekonomi kerakyatan untuk Sinjai yang lebih mandiri.

Pada Pilkada Sinjai 2018, beberapa balon bupati yang merupakan penantang, seperti Nasyit Umar (anggota DPR RI), Andi Nasjuadil Hamzah Wari, Mizar Roem (mantan Ketua KNPI Sulsel), Andi Kartini (Wakil Ketua DPRD Sinjai), A Harun (anggota DPRD Kalimantan Timur), A Mappibali, Haedar A Rahman (pegawai BPK RI), Jamaluddin (pengusaha), H Kapos, dan Andi Zainal Iskandar (Ketua PPP dan anggota DPRD Sinjai).

Adapun kontestan pilkada yang merupakan peserta Pilkada 2013 lalu dan menyatakan akan maju kembali, antara lain H Sabirin Yahya (Ketua DPC Demokrat dan Bupati Sinjai), Andi Fajar Yanwar (Ketua DPC Hanura dan Wakil Bupati), dan masing-masing mantan calon bupati tahun 2013, Andi Mahyanto Masda dan Andi Seto Gadhista Asapa. (***)


div>