KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Figur Internal-Eksternal Parpol Mulai Bersaing

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 10 Maret 2017 09:48
Figur Internal-Eksternal Parpol Mulai Bersaing

SALAM KOMANDO - Bakal Calon Gubernur Sulsel Abdul Rivai Ras (Bro Rivai) melakukan Salam Komando bersama Wakil Ketua Umum DPP Demokrat Syariefuddin Hasan. Bro Rivai semakin intens berkomunikasi dengan elit DPP Partai Demokrat untuk mengusungnya di Pilgub Sulsel 2018.

MAKASSAR, RakyatSulsel.com – Memiliki 11 kursi di DPRD Sulsel menjadikan Demokrat sebagai salah satu partai yang memiliki bargaining politik yang cukup besar menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang. Bahkan Demokrat bertekad untuk bisa mengusung kader internalnya di kontestasi politik tersebut.

Dari sejumlah kader internal yang memiliki potensi untuk diusung, Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni`matullah merupakan satu-satunya figur internal yang berpeluang mendapatkan tiket Demokrat.

Hanya saja, keinginan Wakil Ketua DPRD Sulsel tersebut, tidak serta merta terpenuhi, pasalnya keputusan untuk mengusung figur di Pilgub mendatang merupakan kewenangan dari DPP. Apalagi sejauh ini, terdapat sejumlah figur eksternal yang juga mengincar partai berlambang mercy tersebut, salah satunya Abdul Rivai Ras (Bro Rivai).

Sekretaris Majelis Daerah Demokrat Sulsel, Andry Suryana Arief Bulu mengatakan sangat mendukung Ni`matulla untuk maju bertarung di Pilgub Sulsel. Namun keinginan tersebut terlebih dahulu harus dikoordinasikan dengan segenap pengurus di tingkat DPC, terutama dengan pengurus di tingkat DPP. “Tentu kita apresiasi, apalagi kader internal, tapi ini kan harus juga disetujui DPP,” ujarnya Kamis (9/3).

Menurutnya, Partai Demokrat tentunya akan mendorong kader untuk maju di Pilgub, hanya memang tidak serta merta bisa mengendarai partai Demokrat, karena ada mekanisme panjang yang harus di lalui. Mekanisme partai yang paling utama itu, kata Andry, kader internal harus memiliki rekam jejak yang jelas, bersih, dan tidak tercela.

“Lalu, tidak hanya populer, tapi tingkat elektabilitasnya mesti di atas rata-rata kandidat lain,” tuturnya.

Seperti diketahui, Demokrat hanya memiliki 11 kursi dari 17 kursi syarat minimal untuk maju di Pilgub Sulsel. Oleh sebab itu jika Demokrat ingin mendukung kader internal maka harus melakukan koalisi dengan kandidat atau partai lain. “Harus koalisi parpol lain,” pungkasnya.

[NEXT-RASUL]

Wakil Ketua Demokrat Sulsel, Irwan Patawari menyebutkan sangat mendukung kader internal seperti Ketua umum DPD Demokrat Sulsel untuk maju di Pilgub. “Sebagai kader internal dan pengurus kita dukung,” katanya.

Oleh sebab itu, ia berharap niat Ketua Demokrat Sulsel ini maju bertarung di Pilgub mendapat respon positif dari semua pihak termasuk kader internal agar berjuang memenangkan Ulla dalam pertarungan. “Kalau mendukung, kami 100 persen siap perjuangkan, hal ini agar masyarakat tahu pimpinan mana yang diharapkan kedepan,” pungkasnya.

Sebelumnya Ni’matullah yang juga Ketua DPD Demokrat Sulsel sudah mengungkapkan niatnya untuk maju di Pilgub Sulsel dengan alasan adanya dorongan kuat yang memintanya sebagai kontestan Pilgub. “Saya ini ketua partai dan Demokrat memiliki 11 kursi, tentunya saya harus memberanikan diri untuk maju di pilgub. Saya juga sisa mencari 6 kursi untuk mencukupkan kursi,” terang Ulla.

Terkait adanya figur eksternal yang dilaporkan intens menjalin komunikasi dengan DPP Demokrat untuk bisa diusung di Pilgub, Sekretaris Demokrat Sulsel, Syamsu Rizal mengatakan tak masalah jika kader eksternal membidik Demokrat sebagai kenderaan menuju Pilgub Sulsel. “Soal tiket partai Demokrat. Kita sangat terbuka untuk kader internal maupun eksternal. Jadi tidak salah kalau pak Rivai dan pak Ulla nantinya mendaftar,” ujarnya melalui via telepon.

Menurut Wakil Wali Kota Makassar ini sebelum ada keputusan partai semua kandidat punya peluang mendaftar di Demokrat. “Tak masalah. Sebelum Demokrat tentukan pilihan semua kandidat punya peluang, nanti setelah rapat baru kita tentukan satu atau dua nama,” tuturnya.

Dia menambahkan, saat ini Demokrat masih mempersiapkan diri untuk pelantikan setelah itu akan dilanjutkan dengan pembahasan Pilkada. “Setelah pelantikan baru dibahas Pilkada,” pungkasnya.

Sementara, salah satu bakal calon Gubernur Sulsel, Abdul Rivai Ras, dilaporkan tengah intens membangun komunikasi dengan sejumlah parpol salah satunya Demokrat.

Bahkan Dua partai politik yang dipimpin jenderal purnawirawan TNI? diprediksi bakal mengusung Bro Rivai di Pilgub 2018 mendatang. Ini menyusul komunikasi intens yang dibangun Bro Rivai dengan elit DPP kedua partai tersebut. Demokrat melalui Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Syarifuddin Hasan sudah menyampaikan niat partai berlambang mercy itu mengusung Bro Rivai di Pilgub Sulsel.?

[NEXT-RASUL]

Lobi perwira TNI berpangkat kolonel itu bahkan sudah sampai pada Ketua Umum Partai Demokrat Jenderal (purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mengingat ia pernah mengawal SBY selama 3 tahun sebagai staf khusus sekretaris militer presiden. Belum lagi mempertimbangkan hubungan persahabatannya dengan Mayor Inf (purn) Agus Harimurti Yudhoyono (putra SBY) dan Jenderal (purn) Pramono Edhie Wibowo (ipar SBY).

Baru-baru ini, Partai Hanura juga memberi lampu hijau kepada Bro Rivai. Sinyalemen itu diungkap pendiri yang juga Ketua Dewan Penasehat DPP Partai Hanura, Jenderal Purn TNI Subagyo Hadi Siswoyo dalam pertemuan terbatas dengan Bro Rivai di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (8/3) lalu. “Pak Rivai dan Partai Hanura memiliki hubungan dekat. Hanura diisi banyak purnawiranan TNI, dan Pak Rivai ini juga dari TNI. Kalau surveinya bagus, tentu saja dengan senang hati, Hanura akan mendukung,” kata Subagyo saat dimintai keterangan usai pertemuan.

Angota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) ini menjelaskan, dalam menentukan usungan di Pilkada, Hanura tidak hanya berdasar pada hasil survei tapi juga ‘kata hati nurani’. “Maksudnya, figur calonnya seperti apa? Bagaimana rekam jejaknya dan apa visi misinya. Pak Rivai ini kan rekam jejaknya jelas bersih dari korupsi, kapabilitas dan kapasitasnya juga sudah tidak diragukan lagi sebagai akademisi di Unhan (Universitas Pertahanan), visi maritimnya juga sangat sesuai dengan kondisi geografis dan historis Provinsi Sulawesi Selatan,” lanjut Subagyo.

Dia menjelaskan, secara pribadi dirinya siap memperjuangkan Bro Rivai dalam rapat pleno Partai Hanura untuk diusung di Pilgub Sulsel 2018 mendatang.? Subagyo bahkan berencana berkunjung ke Rumah Cerdas Bro Rivai di Makassar dalam waktu dekat.

Bro Rivai sendiri yakin bisa mendapatkan kendaraan maju di Pilgub Sulsel. Demokrat dan Hanura diyakini sudah hampir ditangan. Ia juga tengah melobi Partai Gerindra yang dipimpin Letnan Jenderal purnawiranan TNI, Prabowo Subianto. “Demokrat, Hanura dan Gerindra insya Allah bisa satu poros di Pilgub nanti. Doakan saja. Saya juga sedang berkomunikasi dengan PKS dan PAN. Hasilnya nanti kita lihat, toh pilgub masih jauh kan,” kata Bro Rivai. (Yad/D)


Tag
  • bro rivai
  •  
    div>