RABU , 21 NOVEMBER 2018

Fitriah Zainuddin: Menciptakan Manusia Sehat Dari Dini.

Reporter:

Editor:

Nunu

Senin , 14 Agustus 2017 12:14
Fitriah Zainuddin: Menciptakan Manusia Sehat Dari Dini.

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM — Sediakan payung sebelum hujan, dalam ilmu medis mengenal istilah lebih baik menjaga kesehatan daripada mengobati penyakit. mungkin itulah pepatah yang cocok untuk untuk menggambarkan pola hidup sehat  untuk menekan prentase angka penyakit karena untuk hidup sehat tidak dilakukan dengan cara mengobati penyakit, melainkan harus dicegah.

“bagaiman tidak, data kesehatan masyarakat menunjukkan bahwa 85 persen masyarakat kita dalam keadaan sehat dan 15 persen terjangkit penyakit,” ungkap kepala bidang  pelayanan medik rumah sakit Labung Baji, DR Dr Hj Fitriah Zainuddin M Kes saat ditemui diruangannya hari jumat lalu.

“Orang yang sehat lebih baik menjaga pola hidupnya, karena penyakit bisa dipengaruhi dua hal yaitu pola makan dan pola hidup,” ungkap alumnus Fakultas Kedokteran UNHAS itu.

Hal ini memberikan wawasan kepada masyarakat luas mengenai pentingnya menjalani pola hidup dan pola makan yang sehat karena ia melihat ada hubungan yang sangat erat antara makanan, tingkat gejala psikologis (stres, galau) dan penyakit. Menurutnya, kebanyakan penyakit diakibatkan oleh hal-hal yang berhubungan dengan gaya hidup.

Fitriah (46) menambahkan bahwa, sebagai upaya pencegahan penyakit menular dan penyakit tidak menular  dia menekankan pentingnya peningkatan  kualitas harapan hidup masyarakat dan meningkatkan mutu gizi masyarakat,” ungkapnya.

Tidak  hanya itu, “menyelesaikan permasalahan kesehatan itu harus dilakukan dari hulunya karena mencegahan lebih baik daripada mengobati” pungkasnya.

Selain sebagai Dokter di Rumah Sakit Labuang Baji, dia juga sebagai udstazah. Dalam melakoni Dai perempuan, ia selalu menganjurkan masyarakat untuk melakukan perubahan pola hidup dan pola makan, karena hanya dengan hal itu segala sumber penyakit  bisa dicegah.

Sebaik dokter maupun sebagai Dai, ia selalu menekankan pada pasiennya untul selalu melakukan perubahan pada hidupnya.

“Jika ingin sembuh atau tidak terjangkit penyakit, baiknya makan makanan yang begizi dan juga halal,” ungkapnya.

Pencegahan penyakit harus dipersiapkan sejak awal. Menurutnya, untuk memilih dan membentuk manusia unggul dan sehat harus dilakukan sejak awal pembentukan awal manusia, karena senenarnya kita tidak menerima warisan penyakit dari orangtua kita, kita menerima warisan atas kebiasaan pola makan mereka dan semua permasalahan kesehatan yang menyertainya. Maka dari itu ketika seorang ibu sedang hamil, dia harus memperhatikan gizi dan protein makanan yang dikonsumsi dan yang lebih penting dari hal itu adalah makanan yang halal.

“Pemberian gizi  dan makanan yang halal bagi anak harus dilakukan sejak dari dalam kandungan.” Tutupnya.

 

Daftar Riwayat Hidup
Nama: DR Dr Hj Fitriah Zainiddin, M. Kes
Nama Suami : Ir. H. M. Darwis Falah M.Si (Asisten I Bidang Pemerintahan, Barru)
Tempat tanggal lahir : Makassar, 14 Juli 1971
Pendidikakn terakhir : Starata 3 program doktor UIN Alauddin Makassar.
Jabatan : kepala bidang pelayanan medik RSUD Labuang Baji

Riwayat pendidikan
SDN 28 Beroanging Makassar
MTSN  Muallimat Aisyah Makassar
SMA N  IV Makassar
Strata 1 Fakultas Kedokteran UNHAS
Starata 2 Program pasca sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat (Epudemilogi)
Starata 3 program Doktor UIN Alauddin Makassar (pendidikan islam)

Riwayat jabatan
Kepala Puskesmas Lisu KAB. Barru
Kepala Puskesmas Pekkae KAB. Barru
Kepala Seksi anak Dinas Kesehatan PROV. SulSel
Kepala bidang pelayanan medik RSUD Labuang Baji.


div>