SELASA , 12 DESEMBER 2017

FKM Unhas Gelar Seminar Nasional Public Health Global Challenges

Reporter:

Muh Alief

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 04 November 2017 15:54
FKM Unhas Gelar Seminar Nasional Public Health Global Challenges

Foto bersama di eminar Nasional dengan tema Public Health Global Challenges di Aula Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, Sabtu (4/11). Foto: ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Seminar Nasional dengan tema Public Health Global Challenges di Aula Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, Sabtu (4/11).

Seminar Nasional ini masih merupakan rangkaian dari kegiatan dies natalis FKM Unhas ke-35 yang bertujuan untuk mengetahui tantangan global bagi kesehatan masyarakat di era melania serta solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara, yakni Guru Besar FKM Unhas Prof Dr dr Abdul Razak Thaha, MSc dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara Alias, SKM, MKes. Bertindak sebagai moderator adalah Dosen K3 FKM Unhas Dr Atjo Wahyu, SKM, MKes.

Peserta yang hadir dalam seminar nasional ini terdiri dari dosen, mahasiswa S1, S2 dan Alumni FKM Unhas. Jumlah peserta kurang lebih 300 orang. Beberapa peserta bahkan tidak memiliki tempat duduk.

“Seminar seperti ini akan memberikan informasi baru yang tidak didapatkan di bangku perkuliahan” kata Dekan FKM Unhas Prof Dr drg Andi Zulkifli, MKes, dalam sambutannya sebelum membuka acara.

Dalam paparannya, pemateri menyoroti berbagai tantangan yang saat ini sudah dirasakan SDM kesehatan masyarakat. “Salah satu tantangan dan peluang SDM Kesehatan Masyarakat di era SDGs adalah revolusi teknologi”, kata Prof Dr dr Abdul Razak Thaha, MSc selaku pemateri pertama.

“Perkembangan teknologi yang sangat pesat akan banyak mengakibatkan pengangguran bagi sarjana yang tidak memiliki talenta,” lanjut pakar gizi FKM Unhas ini.

Sementara itu, Alias, SKM, M.Kes menjelaskan, tentang tantangan SDM Kesmas di Kabupaten. “Persoalan yang harus kita hadapi adalah bagaimana kita berubah menyesuaikan diri, menyesuaikan institusi dengan tuntutan dan kondisi yang sekarang ini”, ucapnya.

Setelah diskusi, moderator menegaskan bahwa tantangan global Kesehatan Masyarakat adalah perubahan. “Kita harus siap terhadap perubahan, jangan mudah mengeluh,” tutup Dr Atjo Wahyu. (*)


Tag
  • FKM Unhas
  •  
    div>