RABU , 14 NOVEMBER 2018

Fraksi Golkar Minta PKP Jadikan Pertanian sebagai Laboratorium Pendidikan

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 16 Oktober 2018 13:11
Fraksi Golkar Minta PKP Jadikan Pertanian sebagai Laboratorium Pendidikan

int

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Fraksi Golongan Karya (Golkar) memberikan catatan akhir pada rapat penyampaian Pandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap Ranperda APBD tahun 2019 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Parepare, Selasa, (16/10/2018).

Melalui juru bicara, H Minhajuddin Achmad, Fraksi Golkar yang mencakup Partai Golkar, PKS, dan PPP ini, meminta seluruh SKPD agar menghadirkan program yang dapat mendorong tercapainya visi misi Wali Kota dalam menjadikan Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap.

Salah satu contoh kata dia, melalui Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (PKP).

“Kami mengharapkan kepada SKPD agar pengalokasian anggaran dapat menunjang Visi dan Misi Wali Kota. Misalnya dalam bidang pertanian. Sistem pertanian sebaiknya berbasis edukasi, sehingga hasil pertanian bisa menjadi laboratorium bagi petani, masyarakat, dan peserta didik untuk belajar proses pengelolaan lahan yang baik, bercocok tanam, dan lain-lain. Bukan hanya menyediakan bibit dan pupuk saja,” harap Minhajuddin Achmad yang juga Ketua Himpunan Tani Indonesia (HTI) Cabang Parepare.

Tak hanya pertanian berbasis edukasi, Minhajuddin juga mengharapkan, sistem pertanian mengandung nilai kepariwisataan.

“Sistem pertanian kita harapkan juga mengandung nilai kepariwisataan sebagai pilar dari visi misi Bapak Wali Kota. Jika unsur kepariwisataannya ada, maka bisa meningkatkan pendapatan bagi masyarakat dan menjadi tujuan wisata,” urai Min, sapanan Ketua Tanggap Bencana (Tagana) Parepare ini.

Selain dua pilar itu, dia juga berharap sistem pertanian juga mengandung nilai kesehatan. “Mari kita dorong produk-produk pertanian yang higienis atau mengandung nilai kesehatan,” pintanya.

Menanggapi usulan tersebut, Plt Kepala Dinas PKP, Hj Rostina mengatakan, jika pihaknya telah mengusulkan program tersebut dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) Dinas PKP.

“Sudah kami realisasikan. Bahkan sudah kami buat RKA-nya,” terang Rostina. (*)

# Pemkot Parepare


div>