SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Fraksi PKS Tegas Tolak Hak Angket KPK

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 28 April 2017 11:32
Fraksi PKS Tegas Tolak Hak Angket KPK

ilustrasi

RAKYATSULSEL.COM – Usulan hak angket terhadap KPK akan dibacakan dalam rapat paripurna hari ini. Bisa jadi, setelah dibacakan akan langsung dimintai persetujuannya.

Sejumlah fraksi partai di DPR menyatakan dengan tegas menolak usulan tersebut. Salah satunya Fraksi PKS. “Fraksi PKS DPR RI menegaskan menolak inisiatif hak angket terhadap KPK yang diajukan sejumlah anggota DPR, khususnya di Komisi III,” ujar Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini melalui pesan singkatnya kepada JawaPos.com, Jumat (28/9).

Menurut dia, penolakan tersebut diambil setelah mengkaji secara mendalam implikasi hak angket terhadap upaya penegakan hukum oleh KPK. Itu supaya tidak ada kesan mengganggu dan menghambat lembaga antirasuah dalam pemberantasan korupsi.

“Sesuai kajian Fraksi dan arahan DPP, Fraksi PKS memutuskan tidak ikut menandatangani hak angket agar tidak terkesan mengganggu KPK dalam menegakkan hukum,” tuturnya.

Kemdati demikian, hak angket merupakan hak anggota atau fraksi di DPR. Khususnya terhadap KPK, hak angket sebagai upaya untuk mendalami dan mungkin mengoreksi berbagai kejanggalan proses internal di lembaga tersebut. Seperti bocornya sprindik, BAP, surat cekal, etika penyebutan nama-nama orang yang diduga terlibat, serta terkait proses-proses tugas dinas dan penganggaran di internal KPK.

Namun demikian, Fraksi PKS menilai hal tersebut cukup diselesaikan melalui mekanisme rapat kerja komisi III DPR dengan KPK. Tentu KPK menurutnya juga harus terbuka dan memperbaiki diri jika masukan dan koreksi tersebut benar dan konstruktif.

Sebab, koreksi itu katanya semata-mata demi menjaga marwah KPK sendiri. “Agar pemberantasan korupsi semakin efektif, menutup celah kelemahan danabuse of power,” pungkas Jazuli.


div>