RABU , 15 AGUSTUS 2018

Gaet Lebih Banyak Pemilih, KPU Lutra akan Gelar Lomba Pidato Pilkada

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 16 September 2015 17:30

LUWU UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menjalin kerjasama dengan Radio Adira FM, dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih. Sebagai tindak lanjut dari kerjasama itu, salah satunya dengan menggelar lomba pidato Pemilu yang akan disiarkan secara langsung.

Pada tahap awal, kegiatan lomba akan berlangsung selama 14 hari, sejak 15-28 September. Jika pada babak penyisihan, yang ditunjuk sebagai dewan juri adalah KPU Lutra bersama dengan Kru Radio Adira FM, maka pada acara final untuk menentukan Pemenang 1, 2 dan 3 nantinya, direncanakan akan mengundang KPU Provinsi Sulsel untuk menjadi dewan juri.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Pengembangan SDM KPU Lutra, Almunawar, dalam keterangan persnya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan langkah awal, bagaimana cara agar masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Setiap peserta sebelum berpidato, dewan juri akan menanyakan beberapa hal terkait tahapan Pilkada serentak tahun 2015,” ucap Almunawar, Rabu (16/9).

Almunawar lalu memberikan bocoran mengenai hal-hal yang akan ditanyakan, yaitu mengenai pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk Lutra, misalnya tanggal pelaksanaan Pilkada, status peserta sebagai pemilih dalam, sudah terdaftar atau belum, dan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Meskipun dalam lomba tersebut baik judul maupun temanya diserahkan sepenuhnya kepada peserta, namun ada beberapa hal yang harus ditaati.
“Tidak boleh mengangkat atau menjatuhkan calon bupati dan wakil bupati, partai politik dan tim kampanye. Selain itu, isi pidato juga tidak boleh mengandung unsur SARA (suku ras dan agama) termasuk adat istiadat. Dan hal yang lebih penting lagi, pidato harus berbahasa Indonesia yang baik dan benar,” ujar Almunawar, seraya menambahkan bahwa waktu yang disiapkan maksimal 10 menit bagi setiap peserta.

Lebih lanjut, Almunawar mengungkapkan hadiah bagi para pemenang, yaitu uang tunai, piagam penghargaan dan hadiah hiburan lainnya dari KPU Lutra.

“Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap agar partisipasi pemilih bisa lebih meningkat dan memenuhi target yakni 80 persen, sebagaimana yang telah disepakati oleh 11 kabupaten yang akan menggelar pemilihan bupati dan wakil bupati di Sulsel tahun ini,” tutup Almunawar.


div>