MINGGU , 22 JULI 2018

Gaji Ketua DPRD Lebih Besar Dari Bupati

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 24 Februari 2016 15:42

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL.COM – Penghasilan seorang Bupati ternyata tidak lebih besar dari seorang ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Di Bulukumba, penghasilan Bupati sebesar Rp 6 juta per bulan. Sementara itu, penghasilan atau gaji Wakil Bupat (Wabup) Bulukumba, hanya sekitar Rp 4,9 juta per bulan.

Kepala Bagian Keuangan (Kabag) Setda Bulukumba, Mansyur MSi, mengakui penghasilan atau gaji Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.

“Gaji untuk Bupati dan Wabup hanya Rp 11 juta setiap bulannya. Rp 6 juta untuk Bupati dan Rp 4,9 juta lebih untuk Wabup,” terang Mansyur, di kantor Bupati Bulukumba. Menurut Kabag Keuangan, Mansyur, ketentuan gaji Bupati dan Wabup Bulukumba tidak pernah berubah sejak tahun 2000.

Gaji Bupati dan Wabup Bulukumba, jauh berbeda dengan gaji anggota dan pimpinan DPRD Bulukumba. Gaji anggota DPRD Bulukumba diatas Rp 10 juta per bulan. Apalagi, gaji ketua DPRD Bulukumba, tentu diatas dari gaji anggota DPRD Bulukumba. Masnyur mengakui, gaji ketua DPRD Bulukumba lebih besar dari gaji Bupati dan Wabup Bulukumba.

Besarnya gaji anggota dan pimpinan DPRD dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya adalah adanya tunjangan intensif komunikasi dan tunjangan perumahan. Sementara itu, Bupati dan Wabup, tidak mendapat tunjangan yang seperti tu.

Namun, menurut Kabag Keuangan Setda Bulukumba, Mansyur, saat ini, Pemerintah pusat tengah melakukan perbaikan terhadap ketentuan yang mengatur gaji Bupati dan Wabup.


div>