SELASA , 11 DESEMBER 2018

Gaji Pegawai Honor Pemkot Rp1 Juta

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 20 September 2017 14:00
Gaji Pegawai Honor Pemkot Rp1 Juta

Danny Pomanto, foto: mdfajar/rakyatsulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto segera menaikkan gaji pegawai honor hingga total Rp1 juta perbulan. Rencana ini menyusul terbitnya undang-undang Aperatur Sipil Negara (ASN) tentang pemberhentian pengangkatan Tenaga Honor menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh Kemenpan RB.

Wali Kota berlatar belakang arsitek itu menyampaikan, pegawai kontrak akan menikmati kenaikan gaji dari Rp550.000 menja0di Rp 850.000 dan mendapatkan tunjangan atau tabungan hari tua sebesar Rp 150.000 per bulannya. Mereka juga akan mendapatkan fasilitas dari BPJS.

Kebijakan ini akan berlaku mulai 1 Januari 2018 nanti dengan anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanjda Daerah (APBD) Pokok Tahun 2018. “Semua pegawai kontrak bisa bekerja lebih baik. Pemkot akan membentuk tim khusus yang bertugas memantau kinerja pegawai kontrak,” ujar Danny.

Ia menambahkan, pemberian kenaikan gaji tersebut hanya untuk pegawai atau honorer ini bisa menjadi penyemangat untuk bekerja dan menjadikan Makassar menjadi dua kali tambah baik. “Kontrak ini kita seleksi, kalau yang tidak produktif maka kita akan putus kontraknya, masa enak-enak mau dapat baru tidak produktif,” ujar Danny.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan (BPKA) Kota Makassar, Erwin Syafruddin Haiyya evaluasi kinerja pegawai kontrak orang per orang akan segera dilakukan. Ini sebagai upaya Pemkot Makassar menggodok sistem pegawai kontrak dan dasar penghasilannya dengan baik.

“Jumlah guru kontrak saat ini kurang lebih 1.800 orang dan awal 2018 nanti akan mengalami kenaikan tunjangan dari Rp. 550.000 menjadi Rp. 1.000.000 dengan total yang diterima sebanyak Rp. 850.000 dan Rp. 150.000 ini masuk JHT,” ungkap Erwin.

Ia menambahkan bahwa kenaikan tunjangan guru kontrak ini merupakan bentuk kepedulian wali kota terhadap guru kontrak.


div>