RABU , 21 NOVEMBER 2018

Gandeng Awak Media, Sekretariat DPRD Sulsel Gelar Bimtek

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

Iskanto

Kamis , 01 November 2018 17:07
Gandeng Awak Media, Sekretariat DPRD Sulsel Gelar Bimtek

Bagian Perundang-undangan dan informasi Sekretariat DPRD Sulsel, menggandeng awak media cetak dan elektronik dalam menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek), di Hotel Grand Asia Makassar, Kamis (1/11/2018).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Bagian Perundang-undangan dan informasi Sekretariat DPRD Sulsel, menggandeng awak media cetak dan elektronik dalam menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek), di Hotel Grand Asia Makassar, Kamis (1/11/2018).

Kegiatan bimtek dikemas dalam bentuk pengembangan wawasan/sosialisasi berupa penguatan kemitraan dengan media cetak dan elektronik. Hal itu dalam rangka penyebarluasan informasi dan publikasi kegiatan Dewan sekretarian DPRD Sulsel.

Kepala Bagian Perundang-undangan dan Informasi DPRD Sulsel, Surya Darma Thomas mengatakan, sosialisasi berupa penguatan kemitraan dengan media cetak dan elektronik berupa penyebar luasan informasi dan publikasi kegiatan Dewan sekretarian DPRD Sulsel sangat penting untuk di ketahui masyarkat luas.

“Kegiatan bimtek dan kujungan keluar, merupakan program tiap tahun. Sedangakan penguatan kemitraan dengan media cetak dan elektronik berupa penyebar luasan informasi dan publikasi adalah bentuk tranparansi ke publik,” ujarnya.

Menurutnya, sebagai bentuk transparansi ke publik. Pihaknya merujuk pada UU nomor 14 tahun 2008 berkaitan dengan penyebaran informasi dilakukan secara tranparan.

“Kita juga merujuk pada Perda nomor 6 tahun 2006, tentang tranparansi kegiatan daerah. Ini menjadi landasan untuk dijalankan,” tuturnya.

Kegiatan Bimtek sekaligus kunjungan ke luar daerah Provinsi Bali. Diiukuti peserta berjumlah 30 orang. Terdiri dari awak media dan staf bagian perundang-undangan dan informasi Sekretariat DPRD Sulsel.

“Kunjungan ke luar daerah, akan berlangsung tanggal 2-4 November 2018,” katanya.

Thomas menambahakan, kegiatan kunjungan yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi bersama media merupakan timbal-balik yang dijalin kerjasama antara Sekretariat DPRD Sulsel, dengan DPRD Provinsi yang lain.

“Diamana daerah akan dituju mempelajari sejau mana informasi di daerah tersebut. Selain itu melihat kegiatan Sekretsriat Dewan di provinsi lain. Kegiatan ini juga sebagai bentuk timbal-balik saling mengunjungi. Karena belum lama ini, telah dikunjungi di daerah kita Sekretariat DPRD Sulsel,” terangnya.

Dalam kegiatan ini, mengadirkan narasumber berasal dari awak media yakni. Arsyad Hakim merupakan Pimpinan Redaksi Harian Fajar.

Ia menyampakan, media memiliki peran penting. Ada dua fungsi yang harus dimilik yakni idealisme dan bisnis. Jika dua ini tak beriringan maka tak mungkin bertahan lama.

“Selain itu, kepercayaan. Banyak media hanya mampu bertaha 1-2 tahun tutup. Karena tidak memikiki idealisme dan kepercayaan,” singkatnya. (*)


div>