JUMAT , 23 FEBRUARI 2018

Gara-Gara Dilan

Reporter:

Editor:

Lukman

Sabtu , 03 Februari 2018 08:00
Gara-Gara Dilan

Ryan Pradipta

“JANGAN rindu, itu berat. Kamu nggak akan kuat, biar aku saja.

Kutipan ini menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Mulai anak-anak, remaja, dewasa bahkan kerap menirukan salah satu dialog dalam film “Dilan, 1990” ini.

Ya, film Dilan memang lagi buming di semua kalangan beberapa pekan terakhir ini. Salah satu penyebabnya karena film ini memiliki banyak narasi yang romantis. Salah satunya itu. Jangan Rindu, Itu Berat.

Rayuan Dilan bukan hanya berhasil meluluhkan hati Milea, melainkan juga para pencinta film dan masyarakat Indonesia. Bahkan tepat satu minggu setelah dirilis, film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pidi Baiq itu berhasil meraih lebih dari 2,2 juta penonton.

Dialog dalam film Dilan ini, ternyata banyak dimanfaatkan oleh politisi untuk membuat meme. Bahkan dialog ini juga dimanfaatkan tim kreatif salah satu kandidat wali kota Makassar, Danny Pomanto.

Dalam meme bergambar Danny tersebut bertuliskan, “Jadi walikota itu berat, Kita gak akan kuat, Biar DIAmi saja”.

Lalu ada juga meme dari bakal calon wakil wali kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi. Bahkan memennya terbilang lebih kreatif. Dalam meme tersebut tertulis, “Aku ramalkan, kita akan Dilan tik, 2019”.

Juga ada meme Dilan yang dibuat oleh kalangan wartawan. “Kerja jadi wartawan. Nulis berita resmi dituduh hoax, orang libur kita masuk, kamu gak akan kuat, biar aku saja,”.

Demam Dilan memang kian menjamur. Tak hanya dalam bentuk meme, ada juga yang meniru dialog Dilan dalam bentuk video.

Hal itu dilakukan Sukri. Pria yang akrab dikenal lelaki tampan ini ikut-ikutan menirukan dialog Dilan. Dalam video berdurasi 25 detik itu, si lelaki tampan ini menyuruh Dilan jalan-jalan ke Sulawesi Selatan. Menurutnya bukan rindu yang berat, tapi uang panaik.

Dilan 1990 merupakan film yang bercerita tentang kisah cinta remaja. Karakter utamanya adalah Dilan (Iqbaal Ramadhan), siswa SMA di Bandung yang berupaya mendekati Milea (Vanesha Prescilla), siswa pindahan dari Jakarta.

Tingkah tak terduga Dilan yang melancarkan rayuan-rayuan menggelitik membuat Milea mabuk kepayang. Milea yang mulai penasaran akhirnya jatuh cinta dengan ketua geng motor yang awalnya ia anggap aneh itu.

Dilan oh Dilan. Gara-gara kamu, banyak orang yang mendadak romantis. Sungguh terlalu. (**)


div>