MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Gebyar Prolanis, Cara BPJS dan Dinas Kesehatan Kampanyekan Pola Hidup Sehat

Reporter:

Editor:

Niar

Sabtu , 20 Mei 2017 15:20
Gebyar Prolanis, Cara BPJS dan Dinas Kesehatan Kampanyekan Pola Hidup Sehat

int

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM- Dalam rangka upaya promotif preventif bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS), BPJS Kesehatan Cabang Parepare kerjasama Dinas Kesehatan Kota Parepare menggelar acara Gebyar Prolanis di Pantai Mattirotasi, Parepare, Sabtu (20/05).

Gebyar prolanis ini dihadiri peserta prolanis yang terdiri dari 6 klub prolanis yang ada di kota Parepare, yaitu Prolanis Puskesmas Lumpue, Cempae, Labukkang, Lappade, Lakesi, dan Lompoe.

Acara tersebut diisi dengan beberapa kegiatan di antaranya senam bersama dan lomba yel-yel yang diikuti oleh peserta prolanis.

“Kegiatan Gebyar Prolanis ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan wujud apresiasi BPJS Kesehatan terhadap peserta Prolanis dan klub-klub prolanis yang tersebar di masing-masing Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP),” ujar Aflyana Latumakulita, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Parepare.

Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya diselenggarakan di Kota Parepare, pihaknya juga menyelenggarakan di Kabupaten Barru, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Pinrang yang merupakan wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Parepare.

“Prolanis itu sendiri merupakan salah satu program promotif preventif dari BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk mengelola kesehatan bagi peserta yang mempunyai penyakit kronis seperti Diabetes Mellitus dan Hipertensi, untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan yang efektif dan efisien,” terangnya.

Kegiatan gebyar prolanis di Kota Parepare dibuka langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Afliana Latumakulita dan Dinas Kesehatan yang dihadiri Wadir Pelayanan Medik RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, dr Reny Anggraeni.

Gebyar Prolanis ini merupakan wujud dukungan atas implementasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang dicanangkan oleh pemerintah yang tertuang dalam Inpres No 1 Tahun 2017. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian peserta JKN-KIS terutama peserta prolanis terhadap kesehatan.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat akan lebih peduli akan kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan slogan Gebyar Prolanis ‘Sehatkan Gaya Hidup, Hidupkan Gaya Hidup Sehat’,” ujar dr Reny Anggraeni.


Tag
div>