JUMAT , 20 JULI 2018

Gegana Brimob Polda Sulsel Tingkatkan Kualitas Sniper

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 01 Maret 2018 20:59
Gegana Brimob Polda Sulsel Tingkatkan Kualitas Sniper

Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sulsel foto bersama di sela-sela latihan menembak yang dipimpin langsung Kasubden Wanteror Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sulsel, AKP Darwis Daud Poku SH (berdiri) di lokasi alam menembak Lavanya Ciputra di Pattallassang, Gowa, Kamis (1/3). foto: doelbeckz/rakyatsulsel

GOWA, RAKYATSULSEL.COM – Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sulsel terus mengasah dan meningkatkan kualitas personilnya, khususnya para sniper atau penembak jitu.
Salah satunya melakukan latihan menembak rutin yang kali ini dilaksanakan di lokasi alam menembak Lavanya Ciputra di Pattallassang, Gowa, Kamis (1/3).

Kasubden Wanteror Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sulsel, AKP Darwis Daud Poku SH, mengatakan, latihan rutin ini diikuti 15 orang penembak jitu.
“Latihan rutin menembak ini, meningkatkan kualitas menembak para sniper. Kali diikuti 15 orang,” terangnya.

Darwis mengatakan, ?pada latihan kali ini menetikberatkan pada kerja sama dan kekompakan tim sniper. Dimana sniper tidak hanya pada target membidik dan melumpuhkan sasaran, tetapi juga harus mampu menguasai medan.

“Sniper itu tidak dapat dipisahkan dari kerja sama tim. Ada yang memantau atau menguasai cuaca, kecepatan angin, cahaya, kontur medan, dan lainnya, sementara sang sniper fokus membidik dan melumpuhkan sasaran. Misalnya saat membidik target, ada perbedaan kontur medan, cuaca, kecepatan angin, dan cahaya. Inilah yang dianalisa agar target tepat sasaran,” jelasnya.

Darwis mengatakan, selain mengasah kemampuan anggota, kegiatan ini juga dijadikan ajang refreshing setelah para sniper bertugas beberapa waktu di Kantor Panwaslu Kota Makassar. “Selama gugatan Pilwalkot Makassar bergulir di Panwaslu Kota Makasar kita siaga 24 jam. Setelah tugas selesai kali ini kita refreshing sekaligus melatih kemampuan menembak para personil,” ujarnya.
Adapun senjata yang dipergunakan pada latihan sniper ini adalah Steyr kaliber 7,62 mm dan Sig Sauer untuk posisi 300-500 meter. Selain itu, latihan ini juga menggunakan laras panjang Steyr kaliber 5,56 mm dan pistol Glock 17, HS, dan Sig Sauer. (*)


div>