RABU , 14 NOVEMBER 2018

Gelar Seminar, IKA UNM Bahas Ini!

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 31 Maret 2018 13:00
Gelar Seminar, IKA UNM Bahas Ini!

Ketua Umum IKA UNM, Andi Jamaro Dulung membahas Energi Baru Terbarukan di Kegiatan Seminar Nasional Energi di Udiklat PLN, Gowa, Sabtu (31/3). Foto: Armansyah/RakyatSulsel

GOWA, RAKYATSULSEL.COM – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM)menggelar seminar nasional yang bertajuk “Optimalisasi Pemanfaatn Energi Baru Terbarukan UntukMasa Depan Ketahanan Energi Nasional” di Aula Udiklat PLN Kecamatan Somba Opu Gowa, Sabtu(31/3).

Ketua Panitia Seminar Nasional, Affandi Ismail mengatakan bahwa seminar nasional ini merupakankegiatan awal yang dilakukan oleh IKA UNM, selain mempererat silaturahmi, juga memberikanpengatahuan kepada Alumni dan Masyarakat Provinsi Sulsel tentang Energi Nasional.

“Kebetulan Ketua IKA (UNM) kita ini Anggota Komisi VII, yang membidangi ESDM, jadi acara inisebagai acara silaturahmi antar Alumni UNM juga menambah wawasan terkait energi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum IKA UNM, Andi Jamaro Dulung menuturkan, pembahasan yang
dilaksanakan hari ini memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang energi punya peran danmenjadi kebutuhan dasar dalam pembangunan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan.

“Energi harus digunakan secara hemat, rasional dan bijaksana agar kebutuhan energi pada masasekarang dan yang akan datang dapat terpenuhi,” ujarnya

Menurut AJD- sapaan akrab Andi Jamaro Dulung, ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap energi minyak bumi mengakibatkan roda ekonomi terganggu, data dari Kementerian ESDM sebanyak 12.659 Desa/Kelurahan atau sekira 15,40 persen tidak ada pengguna listrik PLN, diantaranya sebanyak 2519 Desa belum menikmati akses terhadap energi listrik, 31.387
Desa/Kelurahan tidak ada penerangan di jalan utama Desa/Kelurahan, dan 12.636 dari 80.337
Desa/Kelurahan yang sarana Transportasi Darat tidak dapat dilalui kendaraan bermotor, roda 4 ataulebih sepanjang tahun.

“Perlu adanya solusi konkrit terkait permasalahan di Desa/Kelurahan, Indonesia sesugguhnya memilikimodal dasar yang kuat untuk menjamin ketahan energi dalam jangka waktu yang panjang,” jelasnya. (*)


Tag
  • IKA UNM
  •  
    div>