JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Gempar, Ular Kobra 4,5 Meter Masuk Puskesmas

Reporter:

Editor:

dedi

Sabtu , 01 April 2017 20:00
Gempar, Ular Kobra 4,5 Meter Masuk Puskesmas

ILUSTRASI

RAKYATSULSEL.COM – Ular kobra sepanjang 4,5 meter membuat karyawan Puskesmas Pembantu Desa Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kalimantan Tengah ketakutan.

Ular itu masuk puskesmas dan nyaris menyerang warga, Jumat (31/3). Namun, ular tersebut berhasil dibunuh.

Kepala Desa Pundu Sugiarto menjelaskan, ini kali pertama ular kobra muncul di tengah warga.

”Daripada ada korban jiwa karena digigit ular itu, lebih baik dibunuh. Memang di belakang Pustu Pundu itu ada perkebunan kelapa sawit. Apalagi musim hujan ini banyak hewan yang berkeliaran,” ujar Sugiarto, Jumat (31/3).

Dia menambahkan, petugas puskesmas langsung meminta bantuan warga sekitar dan anggota TNI AD untuk mengatasi ular ganas itu. Setelah tertangkap, ular tersebut langsung dipenggal.

Terpisah, Komandan Pos Jaga Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit Muriansyah mengatakan, kobra merupakan hewan yang tidak dilindungi.

Karena itu, dia masih membenarkan tindakan warga yang langsung membunuh ular tersebut.

”Ular ini bisa menelan korban jiwa. Racun yang dikeluarkan saat mengigit itu sangat berbahaya. Memang saat pancaroba saat ini, sarang ular banyak terencam air, karena itu ular mencari lokasi yang kering,” ujarnya.

Dia menghimbau warga tidak sendirian melawan ular.“Tindakan yang mereka lakukan sudah benar. Ular kobra sebesar itu sebaiknya dihindari. Jika memang tidak bisa, dibunuh saja, bukan hewan yang dilindungi,” tandasnya. (mir/ign)


div>