SELASA , 12 DESEMBER 2017

Genjot Sektor Pertanian, Pemkab Lutim Siapkan Penyuluh Bersertifikasi

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Senin , 16 Oktober 2017 18:35
Genjot Sektor Pertanian, Pemkab Lutim Siapkan Penyuluh Bersertifikasi

foto bareng sekda lutim

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 30 Penyuluh Pertanian Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Lutim) mengikuti sertifikasi profesi penyuluh pertanian tahun 2017, di Aula Hotel Sikumbang, Kecamatan Tomoni. (16/10/2017).

Penyuluhan tersebut akan dilaksanakan selama lima hari yakni 16-20 Oktober. Penyuluh pertanian ini mengikuti serangkaian diklat dan uji kompetensi yang diselenggarakan Badan Kepegawaian  dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Gowa dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)  Pertanian Jakarta.

Kegiatan tersbeut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bahri Suli yang bertujuan meningkatkan mutu dan kompetensi penyuluh pertanian serta meningkatkan profesionalisme penyuluh pertanian.

Kepala BKPSDM Kabupaten Lutim, Kamal Rasyid mengatakan, dalam menghasilkan penyuluh pertanian profesional, diperlukan acuan baku Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Menurutnya, untuk menjamin penyuluh pertanian memiliki kualifikasi kompetensi kerja yang sesuai dengan kebutuhan dalam pelaksanaan tugas dan pekerjaan.

“Sebagai sebuah profesi maka penyuluh pertanian harus mempunyai suatu standar kompetensi sebagaimana dengan profesi lainnya, dengan memiliki sertifikasi penyuluh pertanian telah mendapatkan pengakuan formal untuk dinyatakan sebagai penyuluh pertanian berkompeten,” kata Kamal.

Ia menambahkan, ada sejumlah manfaat yang diperoleh dalam pelaksanaan sertifikasi ini, seperti melindungi profesi penyuluh pertanian dari praktik yang dapat merusak citra profesi penyuluh pertanian.


div>