MINGGU , 20 JANUARI 2019

Gerakan Tolak Politik Uang dan Netralitas ASN, Panwascam Bacukiki Barat Sasar Puskesmas dan Kelurahan

Reporter:

Niar

Editor:

Kamis , 10 Januari 2019 18:23
Gerakan Tolak Politik Uang dan Netralitas ASN, Panwascam Bacukiki Barat Sasar Puskesmas dan Kelurahan

int

PAREPARE, RAKSUL.COM-Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Bacukiki Barat, baik komisioner, PPL serta staff turun ke tengah-tengah masyarakat menyosialisasikan pencegahan pelanggaran dalam Pemilu, seperti netralitas ASN, dan gerakan tolak Politik Uang.

Sosialisasi bersama Babinsa Kelurahan Lumpue ini dilakukan di sejumlah tempat strategia seperti Puskesmas dan kantor Kelurahan Lumpue, Kamis, (10/1/2019).

Ketua Panwascam Bacukiki Barat, Kardini mengatakan, netralitas ASN dipandang sesuatu yang perlu diperhatikan dan disosialisasikan secara terus menerus, apalagi aparat yg ada di kelurahan cukup dekat dengan masyarakat.

“Ini penting dilakukan di momentum politik, ASN kadang banyak dilirik oleh calon untuk meraih simpati dan terkadang juga mereka mudah di mobilisasi oleh pimpinannya. Teman-teman ASN harus bertindak netral dan tidak mudah terpengaruh atau dipengaruhi pilihan politiknya,” paparnya.

Koodinator SDM Panwascam Bacukiki Barat, Muhammad Helmy menambahkan, sosialisasi itu juga dilakukan sebagai upaya pencegahan untuk melawan politik uang, dengan membagi-bagikan brosur dan stiker terkait politik uang.

“Jadi kami anggap politik uang ini tidak kalah pentingnya, sebab sistem proporsional terbuka masih diberlakukan dalam sistem pemilu kita, otomatis akan berimplikasi kepada caleg atau calon yang memiliki segudang dana, untukĀ  memenangkan dirinya atau partainya,” terangnya.

Sementara itu, Kordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Amiruddin mengaku, pihaknya akan terus melakukan upaya-upaya semaksimal mungkin terkait pencegahan politik uang dan netralitas ASN ini.

“Kita sama-sama berharap bahwa pemilu kali ini adalah pemilu yang damai, sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan lancar,” tandasnya. (*)


div>