JUMAT , 20 JULI 2018

Gerhana Matahari Bakal Disaksikan 20 Ribu Warga

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Selasa , 08 Maret 2016 12:24
Gerhana Matahari Bakal Disaksikan 20 Ribu Warga

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menggelar festival bernuansa religius, pendidikan dan budaya mengambut fenomena alam, gerhana matahari yang diprediksi terjadi, Rabu (9/3) pagi. Danny mengerahkan 20 ribu warga ke anjungan Pantai Losari untuk menggelar Shalat Kusuf bagi umat muslim.

“Sebanyak 20 ribu warga yang terdiri dari pelajar se-Kota Makassar dan warga akan diajak menyaksikan detik–detik berlangsungnya gerhana matahari yang akan berlangsung selama beberapa menit,” ujar Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, Senin (7/3).

Menurut Danny, meski Makassar tidak masuk dalam provinsi yang terdampak gerhana matahari total. Namun Makassar juga bisa menyaksikan fenomena alam berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika wilayah IV Makassar.

“Kita ingin mengedukasi pelajar Makassar untuk sama–sama belajar memahami fenomena alam yang sangat jarang terjadi ini. Banyak pelajaran penting dibalik peristiwa ini. Makanya kita akan gandeng beberapa pihak, termasuk ahli–ahli astronomi untuk hadir memberikan penjelasan kepada pelajar kita,” tuturnya.

“Selain shalat kusuf, penyambutan fenomena alam ini juga dirangkaikan dengan zikir dan perenungan bersama. Saya sarankan, yang ingin ikut shalat berjamaah untukmenggunakan pakaian putih, agar suasananya lebih hikmat,” harap Danny.
Selain kegiatan religi, kegiatan yang baru pertama kali digelar di kota Makassar ini, juga akan di isi pemutaran video tentang gerhana matahari, serta penjelasan ahli astronomi dari BMKG. Selain itu, sejumlah atraksi budaya juga akan digelar termasuk menyanyikan lagu Battu Rattema’ ri Bulang secara massal.

Kepala bidang observasi BMKG wilayah IV, Irwan slamet menjelaskan, puncak gerhana matahari di kota Makassar diprediksi berlangsung pukul 08.35 WITA. Proses gerhana matahari akan berlangsung selama 2 Jam 29 menit. Fase pertama diawali saat bulan perlahan mulai menyentuh piringan matahari, itu akan terjadi pukul 07.26 WITA. Proses ini akan terus berlangsung hingga mencapai puncak gerhana matahari yang akan terjadi pada pukul 8.35 WITA. Selanjutnya fase terakhir saat matahari kembali bersih pada pukul 9:55 WITA.

“Puncak gerhana matahari di langit kota Makassar mencapai 88,6 persen, dan akan berlangsung selama 2,5 menit,” tutupnya.
Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Muhammad Ismounandar mengatakan, sejumlah fasilitas pendukung akan disiapkan di anjungan pantai losari pada saat festival berlangsung.

“Akan didukung dengan sebuah videotron untuk menayangkan sejumlah film dokumenter tentang astronomi, termasuk kacamata gerhana untuk melindungi mata pada saat menyaksikan proses gerhana matahari berlangsung. Selain itu, kita juga akan di support teropong bintang oleh Telkomsel untuk melihat proses gerhana matahari lebih dekat,” ujar Ismounandar. (D)


div>