SABTU , 20 OKTOBER 2018

Gerindra dan PDIP Paling Digandrungi di Sosmed

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Jumat , 29 Januari 2016 21:07

RAKYATSULSEL.COM – Partai Gerindra menjadi partai yang paling banyak memiliki konstituen atau audiens di media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instragram, Google+ , dan Youtube.

Demikian disampaikan Direktur Institut for Transformation Studies (Intrans), Andi Saiful Haq saat menyampaikan rilis ‘Digitalisasi Politik Indonesia’ di Dua Nyonya Resto Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Jumat (29/1).

“Berdasarkan Social Audience, Partai Gerindra mengatasi partai politik yang lainnya. Gerindra berhasil meraup pengikut sebesar 3,8 juta pengikut,” kata Andi.

Partai kedua yang memiliki pengikut terbanyak di media sosial adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yang mencapai 1,6 juta pengikut. Sementara itu, duduk diposisi ketiga adalah partai baru yang belum dideklarasikan secara resmi. Yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“PSI dan Perindo sebagai Partai baru ternyata mendapat apresiasi cukup positif. PSI mempunyai pengikut 1,1 juta pengikut dan Perindo 48 ribu pengikut,” kata Andi.

Andi pun menjelaskan alasan kenapa PSI mendapatkan banyak pengikut di Media sosial. Menurutnya, pencapaian fenomenal tersebut karena target yang fokus, tema kampanye yang terarah, dan konten yang dikemas secara rapi dan baik bagi pengguna medsos.

“PSI cukup mampu menjaga kesesuaian antar brand muda dan baru dengan konten-konten kampanye yang ditampilkan di media sosial,” kata Andi.

Sementara sejumlah partai besar, malah tidak mentereng dalam dunia medsos. Partai yang paling bawah dari aspek pengikut adalah Partai Kebangkitan Bangsa yang hanya mendapat pengikut 13 ribu. Selain itu, Partai Amanat Nasional (PAN) juga berada di posisi terbawah di atas PKB. (rmol)


div>