SENIN , 18 DESEMBER 2017

Gerindra-Demokrat Siap Koalisi di Pilgub

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 10 Agustus 2017 10:31
Gerindra-Demokrat Siap Koalisi di Pilgub

Gerindra - Demokrat

MAKASSAR, RakyatSulsel.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulsel saat ini belum menentukan usungan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang. Meski demikian, partai besutan Prabowo Subianto itu mengindikasikan akan mengusung Agus Arifin Nu’mang.

Hal tersebut terungkap ketika Juru Bicara (Jubir) DPD Partai Gerindra Sulsel, Syawaluddin Arif ketika menjadi salah satu pembicara dalam dialog publik yang dilaksanakan di Warkop Phoenam, Jalan Boulevar, Kota Makassar, Rabu (9/8).

Menurutnya, wakil gubernur Sulsel dua periode itu saat ini Agus telah menjadi bagian dari DPD Gerindra Sulsel karena telah menyatakan diri keluar dari Partai Golkar. Selain itu, Syawal mengatakan pengalaman Agus sebagai wakil gubernur juga sangat matang untuk maju di Pilgub.

“Pak Agus ini adalah wakil gubernur dua periode. Dan saya kira sebagai wakil gubernur Pak Agus sudah bisa membaca dan menilai apa yang akan dilakukan untuk 5 tahun kedepan, ketika menjadi gubernur Sulsel,” jelasnya.

Ia menambahkan, Partai Gerindra akan memberikan rekomendasi kepada bakal calon yang telah melewati mekanisme tahapan yang telah dilakukan. Dan menurut Syawal, hal tersebut telah dilakukan oleh Agus, sehingga peluangnnya menjadi terbuka.

“Pak Agus telah mengikuti tahapan yang ada pada Partai Gerindra. Sehingga menurut saya tidak salahnya juga kalau Partai Gerindra memberikan rekomendasinya pada Agus Arifin Nu’mang untuk maju bertarung pada pilkada Gubernur sulsel,” urainya.

Disinggung mengenai Agus yang diwacanakan akan berpasangan dengan Aliyah Mustika Ilham, Syawal mengatakan jika kedua figur tersebut berpasangan di Pilgub maka peluang Agus mendapatkan rekomendasi Partai Gerindra cukup besar.

[NEXT-RASUL]

“Peluangnya untuk mendapat rekomendasi dari Gerindra jauh lebih besar kalau sudah berpasangan dengan Ibu Aliyah, karena sudah tidak perlu lagi mencarikan koalisi tambahan. Karena kan Partai Gerindra memiliki 11 kursi, begitu juga dengan Partai Demokrat. Meski memang keputusan akhir ada di tangan Pak Prabowo,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi (BP OKK) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulsel, Zulkarnain Paturuni mengatakan jika Gerindra memberikan rekomendasi kepada Agus maka pihanya akan memberikan rekomendasi kepada kader intenalnya untuk berpasangan.

“Yang penting itu jika Partai Gerindra sudah kasih fix kepada Pak Agus, maka Insha Allah kita akan siap, karena kami di Demokrat itu realistis. Jadi kita tunggu dulu bagaimana kedepannya, yang jadi komunikasi ini akan terus berlanjut. Apalagi memang sejauh ini Pak Agus kan belum menentukan wakil dibandingkan dengan bakal calon yang lain,” jelasnya.

Ia menambahkan, hampir seluruh bakal calon gubernur melakukan pendaftaran pada Partai Demokat. Oleh karena itu, kata dia, hal tersebut akan membuat Partai Demokrat akan mudah melakukan komunikasi politik untuk menjalin koalisi dengan seluruh partai yang ada saat ini di Sulsel.

“Demokrat bisa koalisi dengan partai apa saja.  Kita ini baru sebelas kursi jadi butuh enam sampai tujuh kursi. Realistisnya kita memang runningnya 02, akan tetapi nanti kita lihat bagaimana tiga kader internal kita ini berpaket dengan siapa, dan peluang menangnya bagaimana,” pungkasnya. (D).


div>