RABU , 25 APRIL 2018

Gerindra Sudah “OK” ke Agus

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 23 Desember 2017 10:00
Gerindra Sudah “OK” ke Agus

Dok. RakyatSulsel

* Tinggal Tunggu Parpol Tambahan
* PKS Sementara Masih di NA-ASS

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Perjuangan bakal calon Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang berburu kendaraan di pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2018 mendatang hampir berhasil. Satu demi satu partai yang didekati penjabat wakil gubernur Sulsel itu memberikan sinyal dukungan.

Saat ini, pengurus DPP dan DPD Gerindra Sulsel sudah “OK” menyerahkan surat rekomendasi kepada wakil gubernur yang sudah menjabat dua periode itu. Gerindra hanya menunggu Agus mencari parpol lain untuk menggenapkan kursi sebagai syarat ikut bertarung di Pilgub Sulsel.

Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Puyuono secara singkat mengaku pembicaraan di internal DPP Gerindra dipastikan akan mengalihkan dukungan ke Agus-Tanribali (TBL).

“Ini lagi sementara rapat di DPP. Tapi kemungkinan bisa terjadi perubahan rekomendasi ke Pak Agus,” singkatnya dalam rapat pengurus di DPP Gerindra, Jumat (22/12) kemarin.

Rapat internal DPP Gerindra ini dikabarkan bersama Ketua Umum DPP Prabowo Subianto saat tiba di Indonesia usai melakukan kunjungan luar negeri, Kamis (21/12) malam. “Keputusan akhir di rapat,” katanya.

Sementara itu, salah satu pengurus DPD Gerindra Sulsel yang menolak namanya disebut mengaku kepastian Gerindra mengusung Agus-TBL sudah final. Hanya menunggu Agus melengkapi kursi usungan. “Sebenarnya sudah fix Gerindra Usung Agus-TBL. Hanya saja kita tunggu Pak Agus lengkapi kursi dukungan,” ujar sumber tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sesuai koordinasi dan komunikasi dengan DPP Gerindra, rekomendasi ke Agus-TBl sudah ada. Hanya saja, waktu untuk penyerahan rekomendasi tersebut belum diketahui karena Agus harus menyampaikan parpol mana saja yang akan berkoalisi.

Kendati demikian, Pengurus inti Gerindra Sulsel ini mengatakan, berdasarkan komunikasi dengan Agus. Saat ini sudah ada kepastian juga perihal beberpaa parpol yang resmi akan bersama Gerindra mengusung Agus-Tanribali.

“Bersamaan komunikasi saya sama Pak Agus ada parpol sudah siap. Dugaan saya sudah cukup partai koalisi,” ungkapnya.

Selain itu, ia meyakini koalisi nasional bisa saja terwujud di Pilgub Sulsel mengusung Agus-TBL karena saat ini Agus dan TBL sedang jalan masing-masing melakukan penjajakan dengan parpol lain di DPP.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat Agus akan bertolak ke Jakarta bertemu ketua umum Prabowo Subianto untuk melaporkan hasil terkini guna mendapat rekomendasi. “Pak Prabowo sudah di Jakarta kemarin malam. Kemungkinan dalam waktu dekat Agus ketemu,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPP PKS Akmal Paslauddin yang dikonfirmasi mengatakan PKS saat ini, masih bersama pasangan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaeman (NA-ASS). Namun, kedepan bisa saja terjadi perubahan tergantung dinamika politik. “Saat ini PKS masih bersama NA-ASS. Tapi kedepan bisa saja terjadi perubahan,” aku Akmal.

Dinamika perubahan arah politik yang dimagsud, sebelum pendaftaran di KPU bisa saja partai lain menarik rekomendasi usungan yang menyebabkan dukungan ke NA-ASS tak cukup. Jika itu terjadi, maka PKS akan menarik dukungan.

“Kita tidak tahu dinamika ke depan. Akan tetapi jika sebelum mendaftar di KPU ada partai meraih usungan dan pasangan ini tak cukup dukungan ke KPU maka PKS bisa saja menarik usungan,” terangnya.

Dia menambahkan, PKS sebagai partai akan selalu menjadi pengusung sehingga figur yang akan diusung harus syarat dukungan terpenuhi sesuai syarat pendaftaran di KPU Sulsel. “Kita mau figur yang kita usung harus lengkap partai pengusung sesuai syarat dan ketentuan KPU,” pungkasnya.

Sementara itu, tim media pemenangan NA-ASS, Benyamin yang coba dikonfirmasi terkait potensi peralihan dukungan Gerindra ke Agus enggan berkomentar. “Tanya saja ke Pak Agus Dinda,” singkatnya. (*)


div>