RABU , 12 DESEMBER 2018

Giliran Dandim Gowa Tangkap Eskavator Tambang Liar

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 16 Agustus 2017 12:40
Giliran Dandim Gowa Tangkap Eskavator Tambang Liar

YUSRI/RAKYAT SULSEL/C TIM PETI. Komandan Kodim 1409/Gowa, Letkol Inf Al Amin Sarmono, yang menjadi bagian dari Tim Penertiban Tambang Ilegal (Peti), berhasil menjaring satu eskavator yang digunakan untuk penambangan liar di Desa Maradekayya, Kecamatan Bajeng, Selasa (15/8).

GOWA, RAKYATSULSEL.COM – Tim Terpadu Penertiban Tambang Liar (Peti) terus bergerak melakukan penertiban di lokasi-lokasi yang diidentifikasi adanya aktivitas tambang liar. Setelah beberapa eskavator diamankan di Kecamatan Bontonompo oleh tim terpadu yang dipimpin Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni Kr Kio, kali ini giliran Komandan Kodim 1409/Gowa, Letkol Inf Al Amin Sarmono, yang sukses melakukan penangkapan.

Dandim 1409/Gowa, Al Amin, yang juga masuk dalam tim terpadu, sukses menjaring satu eskavator yang digunakan di tambang liar di Desa Maradekayya, Kecamatan Bajeng, Selasa (15/8). Penangkapan itu membuat jumlah eskavator yang sudah diamankan bertambah menjadi empat unit dan sebelas truk pengangkut materi tambang.

Dua unit diamankan di hari pertama tim terpadu bekerja. Satu unit di hari kedua, dan satu unit yang diamankan Dandim 1409/Gowa. Tiga unit sebelumnya terjaring di Kecamatan Bontonompo.

“Ini berkat pemantauan tim dan kerjasama seluruh elemen masyarakat,” kata Al Amin.

Pihak Kodim 1409/Gowa, kata dia, memang berkomitmen untuk ikut berkontribusi aktif dalam penertiban tambang liar.

Sementara, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan, penangkapan satu eskavator oleh tim yang dipimpin langsung Dandim 1409/Gowa adalah bukti komitmen dari seluruh pihak yang tergabung dalam tim terpadu.

“Kodim, Polres bahkan Kejaksaan bisa melakukan penjaringan di lokasi tambang liar. Itu bukti keterlibatan semua unsur dalam melakukan penertiban tambang liar, karena di tim terpadu, semua unsur memang kita libatkan,” pungkasnya.

Selain mengamankan eskavator dan truk, salah satu oknum Satpol PP Gowa juga ikut terjaring dalam penertiban ini karena membackingi aktivitas tambang liar. Oknum berinisial R yang diketahui berstatus honorer itupun langsung dipecat. (yus/dwi/c)


Tag
  • tambang liar
  •  
    div>