KAMIS , 19 JULI 2018

Giliran MUI Sulsel Keluarkan Fatwa Haram Valentine Day

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Jumat , 12 Februari 2016 22:29

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel mengeluarkan fatwa mengharamkan untuk perayaan Valentine Day yang jatuh setiap tanggal 14 Februari. Perayaan disebut sebagai hari kasih sayang itu tidak termasuk dalam budaya Islam.

Rais Syuriyah Pengurus MUI Sulsel Anregurutta Dr KH M Sanusi Baco Lc mengungkapkan pihaknya sudah bersepakat bersama MUI se-indonesia terkait larangan merayakan hari valintine day karena masuk kategori haram. Menurutnya larangan itu untuk segala bentuk dan jenis perayaan.

“Kami mengimbau bahwa segala bentuk perayaan valentine’s day adalah haram, sehingg MUI Sulsel Seru. Orang tua menjaga anak-anaknya agar tidak melakukan hal yang bertentangan dengan imbauan ini,” ucap Sanusi Baco, Jumat (12/2).

KH Sanusi, meminta agar Pemkot Makassar, guru dan orang tua, menjaga anak agar tidak merayakan hari Valentine. Ia berharap tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk memberikan pemahaman pada siswa, dan mahasiswa serta remaja pada untuk mengetahui imbauan MUI.

“Saya sebagai Ketua MUI Sulsel menyerukan kepada masyarakat Sulsel agar mengabaikan hari valintine , karena valentine day adalah bukan budaya Islam dan juga bukan budaya Indonesia, serta bukan budaya mendidik tapi merusak moral anak bangsa, ” katanya.

Dia menambahkan, valentine day cenderung dengan hal-hal negatif dan mengarah ke pergaulan bebas. Ia juga mengingatkan kepada orangtua, untuk meningkatkan kebersamaan dengan anak-anak.

“Jangan hanya jasadnya yang dekat, tapi hatinya bertentangan. Bagaimana cara orangtua dekat dengan anak, secara sakinah, mawadah dan warohmah, agar anak tidak terjun bebas dalam jurang dosa” tegas Sanusi.

Dia mengimbau agar para remaja mempelajari agama secara benar agar tidak terbawa pada arus budaya yang menyimpang dari moral.

 


div>