RABU , 21 NOVEMBER 2018

Go Car Polda Permudah CJH Lansia

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 24 Agustus 2017 11:19
Go Car Polda Permudah CJH Lansia

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar menyediakan layanan mengantar bagi Calon Jemaah Haji (CJH). Layanan tersebut menggunakan Go Car, yang disediakan Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Sulsel, yang siaga 1 x 24 jam selama proses pemberangkatan maupun saat pemulangan ibadah haji.

“Go Car digunakan untuk CJH usia lanjut atau yang tidak kuat untuk jalan kaki selama di Embarkasi Makassar,” ucap salah satu personil Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Sulsel, Briptu Faradiba, Rabu (23/8).

Selain pelayanan Go Car oleh Dit Pam Obvit ini yang menurunkan sebanyak 33 personil, tim bertugas menjaga keamananan di wilayah Asrama Haji Embarkasi Makassar, yang terbagi dalam dua regu kelompok jaga.

“Kami mengamankan asrama haji 24 jam, mulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 8 pagi lagi,” kata Faradiba.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaran Haji Kemenag Sulsel, H Kaswad Hartoyo, mengatakan, untuk pelayanan haji secara umum sudah ditetapkan dalam aturan. Semua jemaah haji mendapatkan pelayanan yang sama di lapangan, namun berbeda dengan jemaah haji yang usia lanjut.

“Pelayanan secara umum sama, tapi untuk usia lanjut pelayanan yang diberikan berbeda,” ucap Kaswad.

[NEXT-RASUL]

Pelayanan untuk usia lanjut yang dimaksud yaitu PPIH memberikan atau menyediakan bantuan tenaga dan pelayanan Go Car bagi jemaah haji yang menggunakan kursi roda.

“Untuk lansia, kita sudah masukkan ke dalam kelompok resiko tinggi, sehingga pelayanan yang akan diberikan berbeda,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, pelayanan Go Car seharusnya juga ada di Embarkasi Makassar, selain bantuan dari Polda Sulsel yang telah menyediakan dua Go Car untuk membantu para jemaah haji selama berada di asrama. “Itu tugas UPT, namun kita sarankan karena bermanfaat dan memudahkan,” imbuhnya.

Sekedar informasi, kemarin sudah memasuki Kelompok Terbang (Kloter) ke 31. Akan berangkat dari Kota Makassar, Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Luwu Utara, dengan total CJH berjumlah 450 orang, dengan menggunakan pesawat garuda GIA 1222 tujuan Jeddah, Arab Saudi. (mg04/dwi/D)


div>