SELASA , 23 OKTOBER 2018

Golkar Bangun Koalisi Karet

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 14 September 2017 10:02
Golkar Bangun Koalisi Karet

Ilustrasi. Karikatur (Doc.RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Koalisi yang dibangun partai Golkar – NasDem di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel, ternyata tidak sejalan dengan koalisi di 12 kabupaten/kota yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak. Ada beberapa daerah, dimana Golkar dan NasDem tidak berkoalisi.

Adapun daerah yang sudah pasti berkoalisi yakni Sidrap, Pinrang, Palopo dan Sinjai. Bisa dipastikan, koalisi di empat daerah ini terbangun karena ada kepentingan politik, termasuk koalisi di Pilgub Sulsel. Jika tidak ada kesamaan kepentingan, maka koalisi di beberapa daerah tidak akan terbangun dan terjadi tarik ulur (koalisi karet).

Sekretaris NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif, mengakui, koalisi yang dibangun antar NasDem dan Golkar di Sulsel dalam menghadapi pilkada serentak 2018 mendatang, tidak lepas dari koalisi nasional yang dibangun oleh DPP masing-masing partai. Selain itu, ada kesamaan dan kesepakatan politik yang telah disetujui, baik NasDem maupun Golkar.

“Pertama, Golkar dan NasDem koalisi nasional. Yang kedua, tentu ada kesepahaman dan kesepakatan terkait dengan kebersamaan di pilkada. Tentu ini menjadi kenyamanan untuk bersama,” ungkapnya.

Syahar menjelaskan, bukan hanya memiliki kesamaan dan kesepakatan, baik NasDem dan Golkar tentu memiliki kepentingan politik kedepannya. Sehingga, koalisi dibangun untuk mencapai kepentingan tersebut.

“Begitulah kalau politik ada kepentingannya, ada kesepahamanlah untuk bersama,” jelas Syahar.

Namun memang, lanjutnya, semua itu dibangun demi kepentingan masyarakat kedepannya. Dan hal itu lumrah dilakukan oleh seluruh partai yang akan ikut berkontestasi.


div>