SABTU , 26 MEI 2018

Gowa Terima DIPA 2018 Sebesar 1,9 Triliun

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 18 Desember 2017 16:11
Gowa Terima DIPA 2018 Sebesar 1,9 Triliun

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menyerahkan DIPA 2018 untuk Kabupaten Gowa kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Senin (18/12). ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2018 dan transfer ke daerah dan dana desa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel sebesar Rp 1,9 triliun.

Rincian DIPA ini terdiri dari pagu DIPA APBN sebesar Rp 570 milyar lebih ditambah jumlah alokasi dana transfer ke daerah sebesar Rp 1,3 trilyun lebih yang didalamnya terdapat dana desa sebesar Rp 126 milyar lebih.

Angka tersebut meningkat sebesar Rp 600 milyar lebih dari DIPA tahun anggaran 2017 yang hanya sebesar Rp 1,3 trilyun, dan dana desa juga meningkat sebesar Rp 26 milyar dari tahun 2017 yang hanya sebesar Rp 100 milyar.

Penyerahan yang ditandai dengan penandatanganan pakta integritas dilakukan langsung oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Senin (18/12).

Syahrul menjelaskan, penyerahan DIPA ini merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 pada 6 Desember lalu oleh Presiden RI di Bogor.

“DIPA diserahkan lebih awal agar proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih tepat waktu dan dapat memberikan dampak ganda yang lebih besar bagi pembangunan perekonomian Sulawesi Selatan,” kata Gubernur Sulsel dihadapan para Bupati/Walikota se-Sulsel.

Untuk tahun anggaran 2018, kata Syahrul, total APBN yang dialokasikan ke Sulsel mencapai Rp 51,14 trilyun lebih dan mengalami peningkatan sebesar 8,05 persen dari tahun 2017 yang hanya sebesar Rp 47,33 trilyun lebih.

“Besarnya APBN untuk Sulsel adalah wujud kepercayaan pemerintah pusat atas prestasi Sulsel dalam pengelolaan keuangan, pelayanan atas dasar publik, perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta kekompakan para bupati dan walikota se-Sulsel,” tambah gubernur dua periode ini.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sulsel juga menyerahkan penghargaan kepada Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sulsel atas sinergitasnya dengan Pemprov Sulsel dan Pemerintah Kota/Kabupaten se-Sulsel. (*)


div>