SENIN , 22 OKTOBER 2018

Gubernur Minta Dipercepat, Media Jalan AP Pettarani Segera Ditutup

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Kamis , 11 Januari 2018 14:55
Gubernur Minta Dipercepat, Media Jalan AP Pettarani Segera Ditutup

Tol Dalam Kota. Dok. RakyatSulsel

* Jelang Pengerjaan Konstruksi Tol Dalam Kota

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pengerjaan konstruksi atau fisik tol dalam kota di Jalan AP Pettarani, akan dimulai Maret mendatang. Sejumlah persiapan sudah dilakukan. Termasuk, penutupan median jalan di sepanjang AP Pettarani.

Walaupun telah ada jadwal pengerjaan Maret mendatang, namun Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mendesak agar konstruksi bisa dilakukan Januari ini untuk mengefisienkan waktu. Ia bahkan bersedia membantu melakukan koordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), jika ada kendala yang dihadapi.

“Saya maunya dipercepat. Kalau bisa, Januari ini sudah ada pekerjaan, nanti saya sampaikan ke Kementrian kalau ada masalahnya,” kata Syahrul.

Menanggapi permintaan tersebut, Kepala BBPJN XIII, Miftachul Munir, berjanji akan berkoordinasi dengan pihak Balai Pengelola Jalan Tol (BPJT). Dia juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat agar proyek tersebut bisa segera dilaksanakan.

“Pelaksanaannya akan dikoordinasikan dengan Jakarta. BPJT yang punya kewenangan. Kami hanya bantu mendorong koordinasi,” ungkap Miftachul.

Selain itu, kata Miftachul, sejumlah kepengurusan sudah digodok saat ini. Sehingga dirinya tinggal menunggu laporan lanjutan dari kontraktor pelaksana.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Bosowa Marga Utama Nusantara Jalan Tol Seksi IV (BMN-JTSE), Anwar Toha, mengatakan, pekerjaan konstruksi baru akan dilaksanakan Maret mendatang. Saat ini, beberapa persiapan pra pengerjaan konstruksi sementara dilakukan.

Beberapa diantaranya adalah pengurusan ijin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), melengkapi gambar konstruksi, dan pembenahan utilitas di sekitar proyek.

Khusus terkait utilitas alias berbagai kabel maupun sambungan pipa yang ada di lokasi sekitar groundbreaking, dia berharap kontraktor yang akan mengerjakan proyek tersebut nantinya mampu merapikan dengan baik.

Rencananya, konstruksi proyek tol dalam kota ini dimulai pada Maret mendatang. Dan untuk keperluan pekerjaan, sebulan sebelum pekerjaan konstruksi dilakukan, atau sekitar Februari, media jalan di AP Pettarani akan ditutup.

“Sebelumnya kami meminta maaf jika nantinya saat pekerjaan berlangsung, perjalanan Anda terganggu,” ucapnya.

Secara teknis, pengerjaan akan dilakukan lebih banyak pada malam hari. Karena Pettarani merupakan kawasan padat lalu lintas, terutama di jam-jam sibuk seperti pagi, siang dan sore hari. Untuk tahap pertama, tol dalam kota dibangun sepanjang 5,1 kilometer di sepanjang AP Pettarani.

Tol ini dimulai pengerjaannya di samping tol reformasi dan berakhir di depan Hotel Clarion dan PT Telkom. Di sana, tol layang itu akan dibuat bercabang tiga. Cabang pertama merupakan jalan untuk keluar dari tol, turun di depan Telkom. Cabang kedua merupakan akses masuk ke tol di depan Hotel Clarion. Dan cabang yang ketiga, akses yang langsung menuju ke Sultan Alauddin mengarah ke Kabupaten Gowa.

Untuk akses jalan ke Sultan Alauddin, untuk tahap pertama belum dikerjakan. Sehingga, jalan tersebut masih terpotong di depan Telkom – Hotel Clarion. Sementara, tol layang tahap pertama dibangun tidak sampai ujung Pettarani menuju Sultan Alauddin. Masih ada tersisa sepanjang 300 meter yang nantinya akan dikerjakan pada tahap kedua. Jalan yang akan dikerja pada tahap satu sepanjang 5,1 kilometer, dari total keselurahan yang direncanakan sepanjang 10,35 kilometer.

“Untuk pembangunan jalan layang ini, tidak ada pembebasan lahan karena konstruksi. Tiang pancangnya akan terpasang di median jalan,” bebernya. (*)


div>